24 November 2022, 14:46 WIB

Wapres sebut kemenangan Jerman dan Arab Saudi Kebangkitan Asia


Indriyani Astuti |

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin menyebut kemenangan Tim Nasional sepak bola Jepang atas Jerman di pertandingan pertama Grup E Piala Dunia Qatar, merupakan fenomena kebangkitan Asia.

"Kalau menurut saya fenomena baru dan itu kebangkitan Asia. Saya kira mungkin juga Afrika, kita lihat nanti Afrika," kata Wapres kepada wartawan usai menghadiri Milad ke-18 Ponpes Al Jauhari, di Garut, Jawa Barat, hari ini.

Dia mengatakan kemungkinan konstelasi sepak bola akan berubah, di mana tidak lagi didominasi negara-negara Eropa dan Amerika Latin, melainkan Asia juga berpotensi mengambil peran penting persepakbolaan global.

Baca juga: Pelatih Pastikan Serbia tidak Takut dengan Brasil

"Kita ikuti nanti. Kemenangan itu menunjukkan prestasi. Ada dua kemungkinan, klub (negara) Asia prestasinya naik atau klub yang tadinya juara elite mungkin ada penurunan. Kita ikuti nanti," jelasnya.

Sebelumnya Jepang mengikuti langkah Arab Saudi menciptakan kejutan besar dalam Piala Dunia 2022 dengan menumbangkan juara dunia empat kali Jerman dengan skor 2-1, Rabu (23/11) malam waktu Indonesia.

Skor ini juga skor yang sama ketika Saudi menggulingkan Argentina sehari sebelumnya.(Ant/OL-4)

BERITA TERKAIT