24 November 2022, 09:30 WIB

Roberto Martinez Tak Puas Meski Belgia Menang


Dhika Kusuma Winata |

GOL semata wayang Michy Batshuayi mengantarkan Belgia memimpin klasemen Grup F Piala Dunia  Qatar 2022, setelah kemenangan tipis 1-0 atas Kanada pada laga yang berlangsung di Stadion Ahmed bin Ali, Kamis (24/11) dini hari. Meski sukses memetik poin penuh, pelatih Belgia Roberto Martinez belum puas.

"Kanada pantas menjadi lebih baik dari kami dalam cara mereka bermain. Ini adalah kemenangan dan kami harus bermain lebih baik dan berkembang," kata Martinez.

Penampilan Belgia dinilai masih di bawah standar dari status mereka sebagai semifinalis edisi 2018 dan peringkat kedua FIFA saat ini.

Tampil tanpa Romelu Lukaku yang masih cedera, skuad berjuluk Setan Merah itu berjuang keras mengimbangi kecepatan permainan Kanada.

Belgia hampir kebobolan ketika laga baru berusia 11 menit Kanada mendapat hadiah penalti. Beruntung, sepakan Alphonso Davies mampu ditepis Thibaut Courtois yang tampil gemilang.

Kanada tampil ngotot dan lebih agresif dengan melesakkan 21 tembakan yang empat di antaranya mengancam langsung ke arah gawang Courtois.

Kemenangan itu membuat Belgia sementara di puncak klasemen Grup F dengan tiga poin disusul Kroasia dan Maroko yang sama-sama mengemas satu poin setelah bermain imbang 0-0. Adapun Kanada di posisi terbawah.

Martinez mengakui skuadnya menang tidak dengan kualitas terbaik dari para pemain-pemain topnya. Tetap saja, kemenangan di laga pertama tersebut penting untuk memupuk kepercayaan diri pemainnya. Ia berharap skuadnya terus tumbuh seiring berjalannya turnamen.

"Turnamen ini akan membuat Anda berkembang dan tumbuh seiring berjalannya turnamen. Jika Anda melakukannya dengan memenangi pertandingan, itu adalah keuntungan yang luar biasa," kata Martinez.

"Hari ini kami tidak menang dengan bakat dan kualitas normal kami pada bola, tetapi Anda tidak menang di Piala Dunia jika Anda tidak melakukan hal sebaliknya dari permainan," tandasnya.

Laga kedua grup akan dimainkan Belgia melawan Maroko pada Minggu (27/11) sedangkan Kanada menghadapi Kroasia. (AFP/BBC/OL-13)

Baca Juga: Luis Enrique Optimistis Timnas Spanyol Tetap Tampil Lapar Usai Bantai Kosta Rika

BERITA TERKAIT