23 November 2022, 23:55 WIB

Petaka Jerman dari Dua Pemain Jepang yang Berkarier di Bundesliga


Akmal Fauzi |

MOMEN besar sepak bola Asia berlanjut di Piala Dunia Qatar 2022 setelah Jepang memastikan kemenangan atas Jerman dengan comeback di babak kedua pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Doha, Rabu (23/11) malam WIB.

Kemenangan 2-1 Samurai Biru menyusul Arab Saudi yang mampu mengalahkan Argentina 2-1 sehari sebelumnya.

"Kami ingin mulai bermain agresif, kami ingin mendominasi permainan. Tapi Jerman sangat kuat sehingga kami harus bertahan dengan gigih dan memanfaatkan peluang kami," kata pelatih Jepang Hajime Moriyasu.

"Ini kejutan besar. Kami melihat kemenangan Saudi atas Argentina, negara-negara Asia mencapai standar global," lanjutnya.

Kemenangan itu sangat manis bagi dua pencetak gol, Ritsu Doan dan Takuma Asano, yang termasuk di antara beberapa bintang Jepang yang bermain di klub Bundesliga.


Baca juga: Kemenangan Jepang Bikin Tim Asia Kian Diperhitungkan


Ritsu, yang bermain untuk FC Freiburg, memasuki pertandingan hanya empat menit sebelum golnya tercipta pada menit ke-75. Sedangkan penyerang sayap Vfl Bochum, Takuma Asano, yang mencetak gol di menit ke-83 dimasukkan pada menit ke-57 ketika Jepang berusaha untuk menghidupkan kembali permainan menekan mereka.

Jerman yang unggul lebih dulu lewat gol pada menit ke-33 harus gigit jari ketika misi bangkit mereka di Piala Dunia tahun ini dirusak pada laga perdana oleh Jepang.

Juara dunia empat kali itu tersingkir di babak grup pada Piala Dunia 2018 Rusia saat status sebagai juara bertahan. Kini, Der Panzer --julukan Jerman-- harus waspada karena bisa tersingkir lebih awal untuk kedua kalinya secara beruntun.

"Kami membuatnya terlalu mudah untuk Jepang. Saya tidak tahu apakah gol yang lebih mudah pernah dicetak di Piala Dunia. Ini tidak boleh terjadi lagi pada kami," kata Ikay Gundogan.

Jepang selanjutnya akan menghadapi Kosta Rika, Minggu (27/11) sore WIB. Sementara Jerman berduel dengan Spanyol, Senin (28/11) dini hari WIB. (AFP/OL-16)

BERITA TERKAIT