23 November 2022, 23:32 WIB

Kemenangan Jepang Bikin Tim Asia Kian Diperhitungkan


Akmal Fauzi |

KEMENANGAN Jepang atas Jerman 2-1 pada laga Grup E Piala Dunia 2022 di Stadion Khalifa International, Doha, Rabu (23/11) malam WIB membuktikan kekuatan tim Asia patut diperhitungkan. Pemain pengganti Ritsu Doan dan Takuma Asano menjadi pahlawan tim berjuluk Samurai Biru dalam kemenangan yang terinsiprasi dari tim Asia lainnya, Arab Saudi yang mampu mengalahkan Argentina dengan skor identik 2-1.

Gol Takuma Asano pada menit ke-83 memupus misi bangkit juara dunia empat kali di Piala Dunia Qatar tahun ini. Jerman, yang tersingkir di babak grup pada Piala Dunia 2018 Rusia sebagai juara bertahan, kini harus waspada karena bisa tersingkir lebih awal untuk kedua kalinya secara beruntun.

Sebelum laga, Jepang memang terinspirasi dari kemenangan Arab Saudi atas tim kuat Eropa Argentina 2-1 pada Selasa (22/11). Pemain sayap Takefusa Kubo usaha Arab Saudi memenangkan laga menjadi pelecut Jepang untuk sama-sama menumbangkan tim Eropa, Jerman.

Tekad itu kemudian dibuktikan saat Jepang sempat tertinggal lebih dulu lewat gol lkay Gundogan pada menit ke-33. Jepang bangkit di babak kedua dibareng dengan perubahan taktik yang dilakukan pelatih Hajime Moriyasu dengan memasukan Ritsu Doan dan Takuma Asano.

Usaha Jepang untuk menyamakan skor akhirnya terjadi pada menit ke-75. Ritsu Doan memaksa Manuel Neuer memungut bola dari jala gawangnya. Delapan menit kemudian, Jepang memastikan kemenangan. Kali ini giliran Takuma Asano yang mencatatkan namanya di papan skor.

Jepang selanjutnya akan menghadapi Kosta Rika, Minggu (27/11) sore WIB. Sementara Jerman berduel dengan Spanyol, Senin (28/11) dini hari WIB. (OL-8)

BERITA TERKAIT