23 November 2022, 22:07 WIB

Jepang Permalukan Jerman Di Doha


Widhoroso |

JEPANG membuat kejutan dengan meraih kemenangan atas Jerman dalam laga penyisihan Grup E Piala Dunia 2022 Qatar. Dalam laga di Khalifa International Stadium, Doha, Rabu (23/11), Tim Samurai Biru menang 2-1.

Kemenangan ini menjadi modal besar Jepang untuk bisa melangkah jauh di Piala Dunia 2022. Dengan poin tiga, Jepang kini memimpin Grup E, yang juga dihuni Spanyol dan Kosta Rika. Sedangkan bagi Jerman, kekalahan dari Jepang membuat perjuangan lolos ke babak 16 besar menjadi sulit.

Menghadapi Jepang, Jerman unggul lebih dulu melalui gol Ilkay Gundogan menit ke-33 melalui titik penalti setelah David Raum dijatuhkan kiper Jepang Shuichi Gonda di kotak penalti. Di masa injury time babak pertama, Tim Panser kembali mampu mengoyak gawang Jepang. Namun, gol yang dicetak Kai Havertz tersebut dianulir wasit setelah dalam tayangan VAR, pemain Chelsea itu berada dalam posisi off side sebelum mencetak gol.

Di babak kedua, upaya Jerman untuk menambah gol dengan terus melakukan tekanan tidak membuahkan hasil. Sebaliknya, Jepang mampu membalas melalui Ritsu Doan menit ke-75. 

Dimainkan pelatih Hajime Moriyasu menit ke-71 menggantikan Ao Tanaka, Doan dengan tenang menceploskan bola ke gawang Jerman yang dikawal Manuel Neuer dan mengubah skor menjadi 1-1.

Tidak berselang lama, menit ke-83, Neuer kembali harus memungut bola dari dalam gawangnya. Kali ini, kiper Bayern Muenchen itu gagal menghadang bola tendangan Takuma Asano yang memanfaatkan umpan Ko Itakura. Skor 2-1 untuk Jepang bertahan hingga laga usai.

Di laga selanjutnya, Jepang akan menghadapi Kosta Rika, Minggu (27/11). Sedangkan Jerman akan melakoni laga berat melawan Spanyol, Senin (28/11) dini hari. (OL-15)
 

BERITA TERKAIT