23 November 2022, 05:03 WIB

Prancis Awali Piala Dunia 2022 dengan Kemenangan Telak Atas Australia


Basuki Eka Purnama |

PRANCIS memulai Piala Dunia 2022 dengan kemenangan 4-1 atas Australia dalam pertandingan Grup D di Stadion Al Janoub, Rabu (23/11) dini hari WIB.

Olivier Giroud memborong dua gol untuk Prancis, dan dua gol lainnya dicetak oleh Adrien Rabiot dan Kylian Mbappe. Australia unggul lebih dulu lewat gol Craig Goodwin.

Kemenangan itu membuat juara bertahan memimpin Grup D Piala Dunia 2022 dengan tiga poin. Tunisia dan Denmark berada di bawahnya setelah mereka bermain imbang tanpa gol dan Australia menjadi juru kunci.

Baca juga: Lewandowski Gagal Penalti, Polandia Imbang Dengan Meksiko

Australia langsung mengejutkan Prancis dengan gol cepat pada menit ke-9. Goodwin berhasil menjebol gawang Hugo Lloris setelah memanfaatkan umpan Mathew Leckie dari sisi kanan.

Empat menit kemudian, Prancis terpaksa melakukan pergantian cepat setelah Lucas Hernandez mengalami cedera dan harus digantikan saudaranya, Theo Hernandez.

Prancis bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-27. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh barisan bek Australia. Bola disambar Rabiot tanpa gangguan.

Les Blues kemudian berbalik memimpin 2-1. Kali ini, Rabiot menjadi arsitek gol kedua setelah umpan tariknya diselesaikan Giroud di depan gawang pada menit ke-32.

Berbalik unggul membuat Prancis mengontrol jalannya pertandingan, tetapi tidak ada gol tambahan sampai babak pertama selesai.

Di babak kedua, dominasi Prancis berlanjut. Pasukan Didier Deschamps kini bisa membuat Australia kesulitan membangun serangan hingga separuh babak kedua.

Prancis akhirnya bisa menambah keunggulan pada menit ke-68. Kali ini giliran Kylian Mbappe yang mencatatkan namanya di papan skor.

Lewat serangan dari sisi kanan, Ousmane Dembele melepaskan umpan silang ke kotak penalti. Mbappe, yang berada di depan gawang, bisa memenangi duel udara dan menanduk masuk bola ke gawang Australia. Skor menjadi 3-1.

Keunggulan Prancis bertambah, tiga menit berselang. Giroud mencetak gol keduanya pada menit ke-71.

Penyerang Paris Saint-Germain itu melakukan tusukan di sisi kiri Australia sebelum mengirimkan umpan ke tengah yang bisa disundul Giroud. Prancis memimpin 4-1.

Unggul tiga gol, Prancis menurunkan tempo serangan mereka dan memasukkan beberapa pemain pengganti. Tidak ada tambahan gol hingga pertandingan selesai, Prancis mengamankan kemenangan 4-1 atas Australia. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT