22 November 2022, 13:45 WIB

Ini Alasan Tambahan Waktu di Piala Dunia 2022 Cukup Panjang


Akmal Fauzi |

PUTARAN awal pertandingan Piala Dunia 2022 memperlihatkan adanya jumlah waktu tambahan atau injury time yang cukup panjang diberikan ofisial pertandingan. Dari empat pertandingan awal, hampir 65 menit tambahan waktu diberikan dalam delapan babak.

Pertandingan Inggris melawan Iran, yang berlangsung Senin (21/11), mencapai 117 menit dan 16 detik. Babak pertama ofisial pertandigan memberikan waktu tambahan 14 menit delapan detik, sedangkan babak kedua berlangsung selama 13 menit delapan detik.

Saat laga Amerika Serikat (AS) melawan Wales, ada tambahan waktu 10 menit dan 34 detik di penghujung babak kedua, serta Senegal melawan Belanda dengan waktu 10 menit dan tiga detik di babak kedua.

Baca juga: Southgate Sebut Inggris Bisa Lebih Baik Lagi Selepas Hajar Iran di Piala Dunia 2022

Ini adalah hasil dari kebijakan baru FIFA untuk menghitung waktu yang terbuang akibat permainan dihentikan karena cedera, keputusan VAR, pergantian pemain, penalti dan kartu merah, serta beberapa pemain yang sering mengulur waktu.

Legenda wasit dan ketua komite wasit FIFA Pierluigi Collina mengatakan ofisial keempat telah diinstruksikan untuk mencatat waktu yang hilang selama pertandingan di turnamen di Qatar, sesuatu yang juga pernah coba dilakukan di Piala Dunia sebelumnya, di Rusia, pada 2018.

"Di Rusia, kami berusaha lebih akurat dalam mengkompensasi waktu yang hilang selama pertandingan dan itulah mengapa Anda melihat tambahan enam, tujuh atau bahkan delapan menit," katanya.

Pendekatan tersebut tentu saja menimbulkan kehebohan di media sosial, dengan beberapa penggemar memuji upaya FIFA untuk menekan waktu yang terbuang tetapi yang lain merasa itu mengarah ke permainan yang tidak perlu.

Collina mengisyaratkan penggemar harus terbiasa melihat peningkatan jumlah waktu tambahan selama pertandingan.

"Pikirkan pertandingan dengan tiga gol yang dicetak. Sebuah perayaan biasanya memakan waktu satu, satu setengah menit, jadi dengan tiga gol yang dicetak, Anda kehilangan lima atau enam menit. Yang ingin kami lakukan adalah menghitung waktu tambahan secara akurat di akhir setiap babak. Ini bisa menjadi ofisial keempat yang melakukan itu," kata Collina. (BBC/OL-1)

BERITA TERKAIT