18 November 2022, 13:48 WIB

Bintang Muda Spanyol Beri Harapan


Akmal Fauzi |

BINTANG-bintang muda Spanyol memberi harapan dengan membawa kemenangan melawan Yordania 3-1 pada laga uji coba jelang Piala Dunia Qatar 2022, Kamis (17/11) malam WIB. Kritikan terhadap skuad yang dibawa pelatih Luis Enrique ke Qatar dijawab dengan permainan gemilang bintang muda La Roja.

Ansu Fati dan Marco Asensio yang dikritik masuk dalam daftar 26 skuad Spanyol bermain satu dua saat membuka gol Spanyol pada menit ke-13. Asensio melesat ke depan untuk mengumpan Fati yang melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti untuk menciptakan gol Spanyol keduanya dalam lima penampilan.

Ini merupakan gol pertama Fati selama lebih dari dua tahun saat pemain Barcelona berusia 20 tahun itu lama mengalami masalah cedera. Fati membayar tuntas kepercayaan pelatihnya dengan penampilan yang meyakinkan.

"Ini adalah berita utama, (Fati) memiliki bakat nyata untuk mencetak gol. (Asensio) berada di level lain, luar biasa. Dia bermain sebagai No 9 dan melakukannya dengan sangat baik," kata Luis Enrique.

Pemain muda Barcelona lainnya, Gavi, menggandakan keunggulan pada awal babak kedua. Pemain pengganti Nico Williams mencetak gol ketiga pada menit tambahan yang merupakan gol internasional pertamanya dalam penampilan ketiganya bersama La Roja. Sementara Yordania membalas satu gol juga pada menit tambahan ketika Hamza Al Daradreh memperdayai bek Cesar Azpilicueta sebelum mencetak gol.

Dalam daftar skuad yang dirilis, Enrique tidak membawa sejumlah pemain penting seperti David De Gea, Sergio Ramos, dan Thiago Alcantara. Enrique memulai regenerasi bertahap di skuad La Furia Roja dengan hadirnya pemain-pemain muda dipadukan dengan pemain veteran yang sudah berjuang sejak kualafikasi.

Spanyol belum berhasil melewati babak 16 besar Piala Dunia sejak menjuarai turnamen tersebut pada 2010. Enrique bertekad membawa Spanyol untuk menjalankan tujuh pertandingan hingga partai final pada 18 Desember di Qatar.

"Kami ketujuh di peringkat FIFA. Tujuan kami adalah memainkan tujuh pertandingan di Qatar. Saya telah melihat tim bermain dengan baik (melawan Yordania), meskipun itu bukan waktu terbaik untuk bermain begitu dekat dengan Piala Dunia," tukasnya.

Di pertandingan lain, meski tanpa Cristiano Ronaldo, timnas Portugal memetik kemenangan telak, 4-0, atas Nigeria dalam laga pemanasan di Stadion Jose Alvalade, Lisabon, Jumat (18/11) dini hari WIB. Empat gol Portugal datang dari aksi Bruno Fernandes (9', 35'), Goncalo Ramos (82') dan Joao Mario (84').

Baca juga: Fati Cetak Gol Saat Spanyol Kalahkan Yordania

Pelatih Portugal Fernando Santos menyebut Ronaldo absen lantaran menderita sakit gastritis sehingga harus beristirahat. Ia tidak ingin mengambil risiko dengan memainkan Ronaldo karena masih dibutuhkan untuk pertandingan di Piala Dunia nanti.

Santos membuktikan kata-katanya, Portugal tidak terpengaruh dengan efek wawancara Ronaldo yang menyinggung Manchester United di laga melawan Nigeria. Publik sebelumnya sempat menilai suasana di internal timnas Portugal menjadi tidak harmonis seiring wawancara eksklusif Ronaldo dengan jurnalis sekaligus presentar Inggris, Piers Morgan. Dalam wawancara tersebut, Ronaldo mengkritik MU dan para pemain yang ia sebut berkhianat karena mencoba menyingkirkannya di tim.

"Itu tidak berdampak pada tim nasional. Ini adalah wawancara yang sangat pribadi, dan kami harus menghormatinya. Saya tidak melihat siapa pun di tim nasional mengomentari masalah ini,” kata Santos.

Santos memuji pemain depan Atletico Madrid, Joao Felix, tampil 90 menit dalam laga ini meskipun tidak mencetak gol. Felix diduetkan dengan Andre Silva saat Santos menerapkan formasi 4-3-1-2.

"Dia salah satu yang terbaik, bersama beberapa pemain lainnya. Mereka semua lebih baik, tak ada yang bermain individu. Joao juga memainkan permainan yang bagus, pada level yang telah dilakukan pemain lain," ucap Santos.

Kemenangan ini, menurut Felix, sangat penting untuk meningkatkan moral tim di Piala Dunia. Apalagi Portugal akan kembali menghadapi tim Afrika, Ghana, di laga pembuka pada 24 November mendatang.

"Saya rasa kami siap memenangi Piala Dunia. Kami mengincar gol dan saya membantu tim mewujudkannya. Mungkin saya tidak mencetak gol di laga ini, tapi nanti saya akan melakukannya di Piala Dunia,” jelasnya. (AFP/Sportsmax/OL-5)

BERITA TERKAIT