18 November 2022, 05:18 WIB

Tampil Tanpa Ronaldo, Portugal Sukses Tekuk Nigeria


Basuki Eka Purnama |

MESKI kehilangan Cristiano Ronaldo, yang absen karena sakit, Portugal tanpa kesulitan menang telak 4-0 atas Nigeria dalam laga persahabatan menjelang Piala Dunia 2022, Kamis (17/11).

Tim asuhan Fernando Santos itu meraih kemenangan di Lisabon di tengah kontroversi terkait wawancara panas yang dilakukan Ronaldo, awal pekan ini.

Penyerang berusia 37 tahun itu melontarkan kecaman pada klubnya, Manchester United, setelah dia tergusur dari skuat utama di bawah kendali pelatih Erik ten Hag.

Baca juga: Ronaldo akan Absen di Laga Pemanasan Portugal untuk Piala Dunia 2022

Ronaldo kemudian absen di laga melawan Nigeria setelah menderita gastroenteritis.

Portugal hanya membutuhkan sembilan menit untuk membuka keunggulan atas Nigeria, yang gagal lolos ke Piala Dunia untuk pertama kalinya sejak 2006.

Dua rekan setim Ronaldo di Manchester United terlibat dalam gol tersebut dengan Diogo Dalot, yang menerima umpan dari Joao Felix, memberikan assist untuk Bruno Fernandes.

Felix, yang lebih banyak dibangkucadangkan Atletico Madrid pada musim ini, tampil gemilang untuk memastikan Portugal melupakan Ronaldo.

Fernandes, yang mendapatkan ban kapten saat Ronaldo absen, mencetak gol kedua Portugal sebelum jeda.

Fernandes, yang menarik perhatian media akibay interaksi dinginnya dengan Ronaldo awal pekan ini, nyaris mencetak hattrick ke gawang Nigeria sebelum jeda, namun tendangannya masih melenceng.

Nigeria berpeluang memperkecil ketertinggalan mereka setelah mendapatkan hadiah penalti pada menit 81 akibat pelanggaran Dalot terhadap Emmanuel Dennis. Namun, eksekusi Dennis berhasil dimentahkan Rui Patricio.

Penyerang debutan Portugal Goncalo Ramos kemudian membuat kedudukan menjadi 3-0 memanfaaatkan umpan Raphael Guerreiro, tiga menit kemudian.

Joao Mario mencetak gol keempat Portugal memanfaatkan kerja sama apik Felix dan Ramos.

Ronaldo, yang merupakan pencetak gol terbanyak internasional sepanjang massa dengan 191 gol diperkirakan akan siap tampil membela Portugal saat Selecao das Quinas memainkan laga pertama mereka di Piala Dunia 2022 melawan Ghana pada 24 November. (AFP/OL-1)
 

BERITA TERKAIT