17 November 2022, 11:20 WIB

Portugal Bantah Isu Keretakan Tim Buntut Wawancara Ronaldo


Dhika Kusuma Winata |

KABAR terjadinya disharmoni antarpemain menerpa timnas Portugal buntut wawancara kontroversial Cristiano Ronaldo. Pelatih Portugal Fernando Santos pun langsung menepis isu tersebut agar fokus skuadnya tak terganggu.

Santos membantah wawancara Ronaldo yang mengkritik keras Manchester United berdampak ke timnas Selecao das Quinas.

"Yang saya pedulikan ialah apa yang dikatakan di dalam timnas dan kami hanya membicarakan mengenai persiapan untuk Qatar. Kami tidak membicarakan hal di luar itu," kata Santos.

"Jadi (wawancara Ronaldo) tidak memengaruhi kami sama sekali. Itu keputusan pribadinya dan kami harus memahami dan menghormatinya," imbuhnya.

Hanya saja, gestur antarpemain berkata lain. Dalam sejumlah video yang beredar, tampak interaksi Ronaldo dengan pemain Setan Merah lainnya di timnas seperti Bruno Fernandes terlihat dingin.

Santos mengaku menghormati wawancara Ronaldo sebagai keputusan personal. Baginya, hal itu tidak menjadi persoalan karena tak berhubungan dengan timnas.

"Pemain yang memutuskan untuk memberikan wawancara. Dia tidak berbicara tentang tim nasional, itu adalah wawancara yang sangat pribadi dan kami harus menghormati itu. Saya tidak melihat seorang pun di timnas berkomentar tentang masalah ini," kata Santos.

Portugal yang melakoni pertandingan uji coba melawan Nigeria, Jumat (17/11) dini hari, juga tampil tanpa Ronaldo. Santos menyebut Ronaldo tak dimasukkan dalam skuad dan diistirahatkan karena menderita sakit perut.

Santos menyebut absennya Ronaldo murni karena soal sakit dan mengelak dikaitkan dengan kontroversi wawancara.

"Jika itu (menimpa) pemain lain, mungkin tidak akan dipertanyakan. Tapi ya dia benar-benar menderita sakit perut dan tidak dalam kondisi untuk bisa bermain." (AFP/ESPN/OL-13)

Baca Juga: Ronaldo akan Absen di Laga Pemanasan Portugal untuk Piala Dunia 2022

BERITA TERKAIT