17 October 2022, 22:59 WIB

Indonesia Gagal Jadi Tuan Rumah Piala Asia


Dhika Kusuma Winata |

KONFEDERASI Sepak Bola Asia (AFC) resmi memilih Qatar sebagai tuan rumah gelaran Piala Asia 2023. Adapun Indonesia yang turut mengajukan bidding, tidak terpilih sebagai tuan rumah.

Pengumuman itu disampaikan AFC ketika menggelar pertemuan Komite Eksekutif alias Exco di Malaysia pada Senin (17/10). Qatar yang juga akan menyelenggarakan Piala Dunia 2022, dinilai lebih siap ketimbang sejumlah calon lain.

"Kami juga harus berterima kasih kepada PSSI dan Persatuan Sepak Bola Korea, yang telah mengutarakan niat mereka untuk menggelar turnamen ini," ujar Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa melalui pernyataan resmi.

Baca juga: Patuhi Regulasi FIFA, Polri Janji Tak Gunakan Gas Air Mata Lagi di Stadion

"Kemampuan dan rekam jejak Qatar dalam menyelenggarakan acara olahraga internasional besar dan perhatian mereka yang cermat terhadap detail, sangat dikagumi di seluruh dunia," imbuhnya.

Indonesia diketahui bersaing dengan Korea Selatan dan Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Asia 2023. Awalnya, Tiongkok menjadi lokasi penyelenggaraan, namun belakangan mengundurkan diri.

Baca juga: Drogba Sindir Pemilik Baru Chelsea

Presiden AFC juga menyampaikan bela sungkawa terhadap tragedi sepak bola di Stadion Kanjuruhan, Malang. Jajaran pengurus PSSI yang turut hadir dalam rapat Exco AFC, yani Ketua Umum Mochamad Iriawan, Waketum Iwan Budianto, Sekjen Yunus Nusi dan Wasekjen Maaike Ira Puspita.

Presiden FIFA Gianni Infantino juga berada di Malaysia untuk menghadiri rapat AFC. Rencananya, Infantino akan bertemu Presiden Joko Widodo pada Selasa (18/10) besok, untuk membahas pembenahan sepak bola di Tanah Air.(OL-11)

BERITA TERKAIT