30 September 2022, 12:00 WIB

Ujian Konsistensi di Derby London Utara


Akmal Fauzi |

PEMUNCAK klasemen sementara Arsenal akan mendapat ujian dari rival satu kota, Tottenham Hotspur, dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris di Stadion Emirates, Sabtu (1/10). Konsistensi The Gunners--julukan Arsenal--, yang bermain impresif di awal musim ini membutuhkan tambahan poin untuk bisa menjaga posisi puncak.

Musim ini, dari tujuh pertandingan yang sudah dijalani, The Gunners mampu menang enam kali dan kalah sekali. Mereka berada di puncak klasemen sementara dengan 18 poin. Posisi mereka dibuntuti Manchester City dan Tottenham, yang ada di urutan kedua dan ketiga dengan selisih hanya satu poin.

Hanya saja tantangan skuat asuhan Mikel Arteta di laga bertajuk derby London utara ini tidak mudah. Apalagi sejumlah pemain baru saja membela negara mereka di laga internasional, sehingga masalah kelelahan bisa membuyarkan sejumlah rencana.

Baca juga: Arsenal Disebut Punya Peluang Juarai Liga Inggris Musim Ini

Arteta dipastikan tidak dapat mengandalkan Emile Smith Rowe untuk beberapa pekan ke depan. Gelandang serang Inggris itu sedang menjalani pemulihan setelah operasi pada cedera pangkal paha.

Thomas Partey, yang baru saja membela Timnas Ghana, mengalami masalah pada lututnya. Partey sudah bermain dalam empat pertandingan di Liga Primer Inggris musim ini. Peran Partey cukup krusial untuk Arsenal dalam pertahanan.

Kendarti demikian, Arteta memiliki rekor bagus di Emirates melawan Tottenham. Pelatih asal Spanyol itu telah menjalani dua derby London utara di kandang sendiri dan selalu memenangkannya.

Pada musim 2020-2021, The Gunners mengamankan kemenangan 2-1. Kemudian tahun lalu, The Gunners mengalahkan rival mereka dengan kemenangan 3-1.

Jika dia berhasil memenangkan laga ini lagi, Arteta akan menjadi manajer Arsenal ketiga yang memenangkan tiga pertandingan kandang melawan Tottenham. George Morrell (1909-1911) dan Terry Neill (1977-1979) adalah dua orang yang berhasil mencapai prestasi itu sejauh ini.

Kendati demikian, Harry Kane bisa jadi orang yang akan siap merusak pesta The Gunners di Emirates. Kapten Inggris itu telah memulai musim dalam performa yang baik dengan enam gol dalam tujuh pertandingan.

Kane adalah pemain yang suka mencetak gol dalam sejarah derby London utara. Dia telah mengantongi 13 gol melawan Arsenal dan berpeluang mencetak lebih banyak gol di pertandingan ini.

Manajer Tottenham Antonio Conte menyadari laga melawan Arsenal tidak akan mudah. The Gunners dinilai tampil konsisten musim ini dengan beberapa pemain anyar yang didatangkan.

Conte juga tahu bagaimana Arteta telah membangun Arsenal dalam beberapa tahun untuk bisa diperhitungkan di papan atas klasemen Liga Primer. Kendati demikian, Conte menegakkan, mereka menghadapi Arsenal dengan penuh percaya diri.

"Mereka menunjukkan sebagai tim yang sangat bagus. Saya pikir di musim panas mereka membuat perekrutan yang sangat bagus untuk mereka dan meningkatkan tim," kata Conte.

"Saya tahu mereka bekerja dengan Arteta selama bertahun-tahun, mereka sangat terorganisir dengan baik dan saya mengatakan musim lalu dia adalah pelatih yang sangat bagus," lanjutnya.

Conte juga perlu memperhatikan pujian pendahulunya Jose Mourinho kepada Arteta. Setelah kemenangan 2-1 Tottenham atas Arsenal, Juli 2020, Mourinho memberikan pujian kepada Arteta.

Komentar itu muncul saat Arsenal baru saja mulai menunjukkan peningkatan setelah paruh pertama musim yang menyedihkan di bawah Unai Emery. 

Arsenal akhirnya finis di posisi kedelapan yang membuat banyak penggemar dan pakar mengesampingkan pembicaraan tentang yang diperbaiki Arteta.

Sebulan kemudian, Arteta mempersembahkan Piala FA sekaligus trofi pertamanya sebagai pelatih Arsenal atau hanya delapan bulan karier kepelatihannya.

"Dia (Arteta) pelatih yang baik. Dia pelatih yang berbakat. Dia sudah memenangkan kompetisi penting dalam beberapa bulan pertama kariernya, yang tidak dapat kita sangkal. Untuk menjadi pelatih Arsenal, Anda harus bagus. Jika Anda tidak bagus, Anda tidak ada di sana," ujar Mourinho. (Tribalfootball/Dailymail/OL-1)

BERITA TERKAIT