29 September 2022, 04:30 WIB

Indonesia Dibantai Iran di Piala Asia Futsal 2022


Basuki Eka Purnama |

TIMNAS futsal Indonesia kalah dengan skor 0-5 dari juara bertahan Iran di laga perdana Grup C Piala Asia Futsal 2022 di Kuwait, Rabu (28/9) malam.

Hasil tersebut membuat Indonesia untuk sementara menjadi juru kunci grup. Adapun Iran berada di puncak, sambil menunggu hasil pertandingan dua anggota Grup C lainnya, Lebanon dan Taiwan, yang berlangsung Kamis (29/9) dini hari WIB.

Gol-gol Iran ke gawang Indonesia dilesakkan oleh Saeid Ahmad Abbasi (dua gol), Moslem Oladghobad, Mahdi Asadshir, dan Hossein Tayebibidgoli.

Baca juga: Timnas Futsal Indonesia akan Berlaga di Piala Asia 2022

Indonesia, yang dilatih eks pemain timnas futsal Iran Mohammad Hashemzadeh, sempat mengancam pada awal-awal laga melalui percobaan pivot Samuel Eko.

Akan tetapi, Iran-lah yang terlebih dahulu membuka keunggulan melalui kaki kiri Saeid Ahmad Abbasi ketika pertandingan memasuki menit ketiga .

Sekitar satu menit kemudian, timnas juara Piala Asia Futsal 2018 tersebut menambah pundi-pundi gol dari tendangan Moslem Oladghobad.

Iran menutup babak pertama dengan keunggulan 3-0 berkat sumbangan gol Mahdi Asadshir pada menit ke-10.

Di paruh kedua, tepatnya tiga menit usai jeda, Saeid Ahmad kembali menjebol gawang Indonesia.

Skor lalu berubah menjadi 5-0 setelah Hossein Tayebibidgoli memasukkan bola ke gawang Indonesia pada menit ke-25 setelah memanfaatkan kesalahan Firman Adriansyah dalam mengendalikan bola.

Iran sebenarnya berkesempatan berjaya dengan setengah lusin gol lantaran tim bergelar kampiun Piala Asia Futsal terbanyak, yakni 12 kali, itu mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-26.

Hossein Tayebibidgoli maju sebagai algojo, tetapi tembakannya mampu ditahan penjaga gawang skuat Garuda Muhammad Nizar Nayaruddin.

Tidak ada gol lain yang hadir setelahnya. Iran pun mengunci kemenangan dengan skor 5-0.

Berikutnya, di Grup C, Indonesia akan menghadapi Lebanon, Jumat (30/9) waktu setempat. Pada hari yang sama, Iran akan menjajal kekuatan Taiwan. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT