26 September 2022, 05:39 WIB

Kalah dari Polandia, Wales Terdegradasi dari Liga A Liga Negara UEFA


Basuki Eka Purnama |

WALES terdegradasi dari Liga A Liga Negara UEFA setelah Karol Swiderski mencetak satu-satunya gol yang membawa Polandia menang 1-0 di Cardiff, Senin (26/9) dini hari WIB.

Gareth Bale nyaris mencetak gol ketika bola tendangannya membentur mistar pada menit akhir dalam penampilan yang akan membuat pelatih Wales Rob Page membutuhkan banyak dorongan sebelum penampilan pertama mereka di Piala Dunia sejak 1958, dua bulan nanti.

Page kembali dipaksa menurunkan formasi pemain coba-cobanya setelah Aaron Ramsey, Ben Davies, dan Joe Allen mengalami cedera.

Baca juga: Spanyol Menyerah Saat Menjamu Swiss

Tetapi Bale dipanggil kembali sebagai starter setelah pada awal laga yang berakhir dengan kekalahan 1-1 di Belgia, Kamis (22/9), dimasukkan dari bangku cadangan karena masalah kebugaran menjelang Piala Dunia 2022.

Untuk kali ini, Bale tidak bisa menginspirasi tuan rumah yang terpaksa menelan kekalahan kedua dalam 22 pertandingan di Stadion Cardiff City.

Wales memasuki arena dengan bekal tiga poin di belakang Polandia dan tahu pasti hanya kemenangan yang membuat mereka terhindar dari degradasi.

Pasukan Page memiliki peluang yang lebih baik sebelum turun minum saat Dan James melepaskan tembakan yang terlalu dekat dengan Wojciech Szczesny ketika keduanya berhadapan satu lawan satu sebelum bola muntah yang dimanfaatkan Brennan Johnson malah terbelokkan oleh rekannya sendiri, Dan James.

Wales sendiri melakukan penyelamatan yang baik kala menepis tendangan Robert Lewandowski tetapi sebuah momen ajaib yang dibuat striker Barcelona itu seketika mengubah permainan.

Lewandowski menanduk bola yang memantul ke jalur Swiderski yang menceploskan bola ke bawah badan Wayne Hennessey yang sudah terlanjur maju.

Wales mengepung gawang Polandia di setengah jam terakhir tetapi tidak berhasil mencetak gol.

Szczesny membuat penyelamatan brilian untuk menepis tembakan Johnson dan mencegah James melepaskan umpan silang dari sudut jauh.

Bale hampir menyamakan kedudukan ketika penyerang LAFC itu melepaskan sundulan yang membentur mistar gawang.

Meski menang, Polandia menuntaskan Grup A4 pada posisi ketiga di belakang Belgia dan juara grup Belanda yang maju ke semifinal. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT