22 September 2022, 19:44 WIB

Jelang Piala Dunia di Turki, Timnas Amputasi Siapkan Mental


Dhika Kusuma Winata |

TIMNAS sepak bola amputasi Indonesia memupuk optimisme jelang gelaran Piala Dunia Amputasi 2022 di Turki, Oktober. Meski di fase penyisihan masuk ke dalam grup yang tergolong berat, timnas optimistis dan tak ingin merasa gentar.

Indonesia akan menghuni Grup C pada Piala Dunia Amputasi 2022 bersama Inggris, Argentina, dan Amerika Serikat. Target awal lolos dari fase grup pun dibidik dan berharap bisa tembus ke delapan besar.

"Secara mental kita siap karena setiap hari digembleng kerja keras dan latihan keras juga. Kita optimistis untuk menghadapi Piala Dunia nanti," ujar kapten timnas amputasi Aditya.

Persiapan yang sudah dijalani sejak beberapa bulan terakhir membuat timnas amputasi yakin bisa bersaing meski berstatus debutan di Piala Dunia tersebut. Sejak Juli, mereka menjalani pemusatan latihan secara intensif di Jakarta.

Timnas amputasi juga melakoni beberapa uji coba. Pada laga persahabatan melawan PSAI Jawa Timur mereka menang 8-0. Pada uji coba melawan Persaj Jakarta mereka juga unggul 13-0.

Dari sisi persaingan, Inggris akan akan menjadi tim terkuat yang bakal dihadapi Indonesia karena pengalamannya lebih lama di level tinggi sepak bola amputasi.

Inggris tercatat sudah beberapa kali masuk ke final di Piala Eropa dan juga kerap tembus ke perempat final Piala Dunia. Meski begitu, Aditya dan kawan-kawan tak ingin terbebani dan berharap bisa tampil lepas.

"Menganggapnya enggak sebagai grup neraka karena karena kita yakin dengan teman-teman mampu untuk ibaratnya 'menghajar' mereka. Meski memang mereka punya pengalaman lebih dari kita," tandasnya. (OL-8)

BERITA TERKAIT