21 September 2022, 11:45 WIB

De Zerbi Mengaku Dapat Sambutan Hangat dari Guardiola


Basuki Eka Purnama |

MANAJER anyar Brighton and Hove Albion Roberto De Zerbi, Selasa (20/9), mengatakan dia mendapatkan sambutan hangat dari pelatih Manchester City Pep Guardiola setelah memastikan menerima tawaran dari klub Liga Primer Inggris itu.

Mantan pelatih Shahktar Donetsk itu dikontrak sebagai pelatih Brighton, Minggu (18/9), untuk menggantikan Graham Potter yang hijrah ke Chelsea.

Pelatih Italia berusia 43 tahun itu terkenal karena gaya permainan menyerahnya dan dinilai sukses kala menukangi Sassuolo di Serie A.

Baca juga: Brighton Tunjuk Mantan Pelatih Shakhtar Donetsk

Gaya permainan De Zerbi mencuri perhatian Guardiola, yang mengucapkan selamat setelah sang pelatih ditunjuk untuk menukangi Brighton.

"Saya berbicara dengan Pep pada Minggu (18/9) malam. Dia sangat senang saya berada di sini," ujar De Zerbi.

"Dia menceeritakan banyak hal baik mengenai klub ini. Dan dia menawarkan bantuan, jika saya membutuhkannya. Namun, pastinya itu bukan di pertandingan saat kami berhadapan dengan mereka," lanjutnya.

De Zerbi mengaku dirinya memilih Brighton dari sejumlah klub yang menginginkan jasanya setelah dia meninggalkan Shakhtar, Juli lalu, akibat invasi Rusia ke Ukraina.

"Pilihan melatih di Ukraina adalah pilihan saya saat saya bisa saja bertahan di Serie A. Pastinya saya tidak menyangka semuanya akan berakhir akibat konflik. Rasanya sedih meniggalkan sesuatu yang tengah berjalan dengan baik," paparnya.

"Sejumlah tim menginginkan saya namun saya senang memilih Brighton," imbuhnya.

Brighton mengawali musim ini dengan apik dan kini menduduki oeringkat empat klasemen dengan raihan empat kemenangan dari enam laga sebelum kepergian Potter.

De Zerbi optimistis Brighton bisa bertahan di peringkat 10 besar setelah musim lalu finis di peringkat sembilan, posisi tertinggi mereka sepanjang sejarah.

"Saya rasa visi terbaik adalah menjadi lebih baik dari sebelumnya. Kami finis di peringkat sembilan pada musim lalu jadi target musim ini adalah bertahan di 10 besar," ungkap De Zerbi. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT