15 September 2022, 10:30 WIB

Gol Haaland ke Gawang Dortmund Ingatkan Guardiola akan Cruyff


Basuki Eka Purnama |

GOL akrobatik Erling Haaland saat Manchester City menundukkan Borussia Dortmund 2-1 di laga Liga Champions membuat manajer the Citizen Pep Guardiola teringat pada mantan mentornya Johan Cruyff.

Penyerang Norwegia tidak banyak berbicara dalam laga di Stadion Etihad itu namun berhasil memperpanjang rekor mencetak golnya menjadi enam laga secara beruntun kala menjebol gawang mantan klubnya, saat laga menyisakan enam menit.

Haaland kini telah mencetak 13 gol dari sembilan laga untuk City sejak didatangkan seharga 60 juta euro dari Dortmund.

Baca juga: Haaland Antar Manchester City Tekuk Borussia Dortmund

"Semua orang tahu betapa pentingnya Johan Cruyff dalam hidup saya, baik sebagai pribadi, guru, mentor, dan lainnya," ujar Guardiola. "Dia mencetak gol yang luar biasa di Camp Nou ke gawang Atletico Madrid pada 1973, yang mirip dengan gol Haaland itu. Saat Haaland mencetak gol, saya teringat pada Cruyff."

Fleksibiltas Haaland yang berbadan besar juga membuat Guardiola membandingkannya dengan mantan penyerang Barcelona lainnya Zlatan Ibrahimovic.

Ibahmovic menjalani masa yang tidak bahagia di bawha kendali Guardiola di Camp Nou. Meski begitu, dia memanfaatkan kemampuan bela dirinya untuk menjadi striker yang tajam.

"Saya ingat dengan kemampuan teman saya Ibrahimovic yang bisa meletakkan kakinya di atap," kata Guardiola.

"Erling juga sama. Dia elastis, fleksibel, dan memiliki kemampuan mencetak gol. Dia besar tampil fleksibel," lanjutnya. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT