14 September 2022, 10:35 WIB

Klopp: Kemenangan Atas Ajax Langkah Awal Kebangkitan Liverpool


Akmal Fauzi |

Liverpool mengakhiri rentetan buruk yang terjadi beberapa hari terakhir dengan mengalahkan Ajax Amsterdam 2-1 dalam laga kedua Liga Champions Eropa, di Anfield Rabu (14/9) dinihari.

The Reds yang tampil tidak konsisten di awal musm Liga Primer harus menelan kekalahan di awal laga Liga Champions dari wakl Italia Napoli 1-4 pekan lalu. Namun, Skuad asuhan Juergen Klopp mampu bangkit di laga kedua fase grup. Klopp menyebut timnya bermain dengan berbeda dibandingkan beberapa pertandingan sebelumnya, baik di Liga Primer maupun di Liga Champions.

“Saya pikir jika Anda menempatkan dua pertandingan terakhir, Napoli dan malam ini (Lawan Ajax) hasilnya berbeda. Anda mungkin tidak menyadari bahwa itu olahraga yang sama. Jadi, sangat berbeda. Sepak bola yang kami mainkan, cara kami bertahan, semuanya berbeda," kata Klopp.

Mohamed Salah memberi tuan rumah keunggulan di babak pertama, namun Mohammed Kudus menyamakan kedudukan untuk Ajax sebelum turun minum. Gol telat Joel Matip pada menit ke-89 memastikan Liverpool meraih kemenangan pertama di Liga Champions musim ini.

Klopp menyebut, timnya lebih agresif lagi dalam pertandingan hari tersebut. The Reds mendominasi 56% penguasaan bola dengan 24 peluang mencetak gol, 10 diantaranya tepat mengarah ke gawang. Mereka berhasil menekan Ajax yang hanya berhasil menciptakan tiga peluang mencetak gol sepanjang laga.

"Intensitas kami  jauh lebih tinggi, lebih banyak agresif, lebih berani, lebih siap. Semuanya lebih baik. Itu langkah pertama kami lebih baik," kata Klopp.

Klopp mengaku senang dengan kemenangan timnya. Namun ia memperingatkan bahwa ini baru langkah pertama di jalan menuju pemulihan. "Tidak ada yang berakhir, baik negatif maupun positif, ini adalah langkah awal, tapi langkah yang sangat penting bagi kami," kata Klopp. (Mal/BTsport)

BERITA TERKAIT