14 September 2022, 04:29 WIB

Mendy Dinyatakan tidak Bersalah di Satu Dakwaan Pemerkosaan


Basuki Eka Purnama |

BEK Manchester City Benjamin Mendy dinyatakan tidak bersalah memperkosa seorang perempuan berusia 19 tahun dalam sidang yang mencakup sejumlah dugaan kekerasan seksual.

Terdakwa lainnya, Louis Saha Matturie, 41, juga dinyatakan tidak bersalah dalam dua dakwaan pemerkosaan dan penyerangan seksual terhadap perempuan yang sama setelah jaksa tidak bisa memberikan bukti-bukti lain yang memberatkan kedua terdakwa.

Hakim Stephen Everett meminta juri di Pengadilan Chester, Inggris, untuk tidak berspekulasi mengapa jaksa memutuskan tidak memburu vonis bersalah atas dakwaan-dakwaan itu dan terus berkonsentrasi pada dakwan yang masih dihadapi kedua terdakwa.

Baca juga: Sidang Pelecehan Seksual oleh Mendy Mulai Digelar

Sebelumnya, juri diberi tahu mengenai adanya video hubungan seks antara seorang perempuan dengan Mattuire ketika perempuan itu mengaku diperkosa.

Video berdurasi 20 menit itu direkam oleh Mattuire pada 1 Agustus tahun lalu, sepekan setelah kedua terdakwa dituding memperkosa perempyan tersebut di kediaman Mendy.

Perempuan itu juga mengaku di hadapan juri bahwa Mattuire memperkosa dirinya untuk kedua kalinya di sebuah flat pada 1 Agustus 2021 setelah keduanya pergi ke tempat hiburan malam di Manchester.

Kuasa hukum Mattuire, Lisa Wilding, menegaskan apa yang terjadi antara Mattuire dan perempuan itu adalah hubungan seks yang disepakati bersama dan tanpa paksaan, bukan pemerkosaan.

Perempuan itu kemudian membantah klaim tersebut dan mengaku merasa malu dan jijik pascainsiden itu.

WIlding kemudian mengatakan, "Saya akan menunjukkan kepada Anda sejumlah gambar dan video.

Hakim kemudian menskors persidangan dan saat sudang kembali digelar, jaksa Timorhy Cray mengatakan pihaknya tidak lagi memburu pernyataan bersalah terhadap terdakwa dalam kasus pemerkosaan terhadap perempuan berusia 19 tahun itu.

Hakim kemudian meminta juri tidak menyatakan kedua terdakwa bersalah.

Jaksa menuding Mendy sebagai seorang predator yang memburu perempuan untuk diajak berhubungan seks.

Mendy masih menghadapi tujuh dakwaan pemerkosaan, satu dakwaan percobaan pemerkosaan, dan satu dakwaan penyerangan seksual terhadap enam perempuan.

Mattuire, yang merupakan sahabat Mendy, dituding bertugas mencari perempuan muda untuk diajak berhubungan seks.

Baik Mendy maupun Mattuire menegaskan jika ada hubungan seks dengan para perempuan yang menggugat mereka itu terjadi karena suka sama suka.

Mendy bergabung dengan Manchester City dari klub Ligue 1 Monaco pada 2017. Dia telah tampil 75 kali untuk the Citizen.

Statusnya dibekukan oleh Manchester City usai polisi mendakwanya melakukan pemerkosaan, Agustus tahun lalu. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT