13 September 2022, 14:53 WIB

Manchester City vs Dortmund, Panggung Untuk Haaland


Akmal Fauzi |

PANGGUNG untuk Erling Haaland akan tersaji saat Manchester City menjamu klub lamanya Borusia Dortmund di Etihad dalam laga kedua Grup G Liga Champions Eropa, Kamis (15/9) dini hari WIB. Dortmund sangat mengetahui bagaimana cara Haaland menghancurkan pertahanan lawan, dan itu menjadi tantangan berat untuk tim raksaksa Jerman itu.

Haaland berkembang menjadi salah satu striker paling ditakuti di dunia selama dua setengah tahun di Jerman dengan mencetak 86 gol dalam 89 pertandingan untuk Dortmund. Setelah kepindahannya ke Inggris, Haaland mampu menjawab kegamangan Pep Guardiola untuk lini depan Man City dengan mencetak 12 gol dari delapan pertandingan.

"Saya pikir angka-angkanya sepanjang kariernya, tidak hanya di sini, sangat mirip. Dia memiliki naluri gol yang luar biasa," kata Manajer Man City, Pep Guardiola setelah Haaland mencetak dua gol dalam kemenangan 4-0 di Sevilla di pertandingan pertama Liga Champons.

Pencapaian Haaland itu menjadi alasan mengapa Man City gigih mengontraknya sebagai penerus pencetak gol terbanyak klub sepanjang masa Sergio Aguero. Di bawah asuhan Guardiola, The Citizens telah memenangkan empat gelar Liga Primer dalam lima tahun terakhir dan total enam gelar selama satu dekade terakhir. Namun, miliaran yang diinvestasikan pemilik klub dari Abu Dhabi sejak 2008 sejauh ini gagal di Liga Champions.

"Saya suka Liga Champions. Saya harus mengatakan ini, ini adalah mimpi besar bagi saya," kata Haaland.

Kedatangan Haaland musim panas ini membuat perubahan dalam cara bermain Man City. Musim lalu, permainan bergantung bagaimana kontrol dan kesabaran saat The Citizens tidak memiliki striker murni seperti Haaland. Sedangkan musim ini, Man City cenderung menyerang langsung ke jantung pertahanan lawan sejak menit awal.

Baca juga: Laga Terhormat untuk Potter

Di beberapa pertandingan mereka musim ini, The Citizens mampu dengan mudah mencetak gol lebih awal. Meskipun bukanlah hal baru bagi Man City, tetapi sekarng dilakukan lebih mudah dengan Haaland yang memimpin di lini depan.

Dalam tujuh pertandingan di semua kompetisi sejauh musim ini, Man City telah mencetak lima gol dalam 25 menit pertama. Tiga gol diantaranya dicetak pemain asal Norwegia itu.

Mencetak gol lebih awal adalah sesuatu yang menguntungkan Man City. Lawan yang khususnya sejak awal menerapkan skema bertahan lebih dalam, dipaksa untuk lebih maju ke depan dan itu bisa menciptakan lebih banyak ruang. Haaland memiliki kecepatan dan sangat efektif saat berlari di belakang pertahanan.

"Erling Haaland memiliki penempatan posisi yang luar biasa. Cara mencari ruang dan finishing juga berkelas," kata Guardiola.

Hal itu tentunya sudah disadari oleh Borussia Dortmund. Tim berjuluk Die Borussen pastinya bakal bekerja ekstra untuk menghentikan pergerakan Haaland, serta membatasi agar ia tidak punya banyak peluang mencetak gol. Tapi Dortmund juga wajib mewaspadai pemain Man City lain, yang punya potensi memanfaatkan ruang kosong yang ditinggalkan para bek yang terlalu fokus ke Haaland.

Winger Borussia Dortmund, Julian Brandt, mengatakan kekalahan dari RB Leipzig 0-3 di laga fase grup sebelumnya menjadi peringatan untuk timnya. Mereka dianggap terlalu banyak melakukan kesalahan, dan hal ini harus dihindari ketika menghadapi Man City.

"Kami bermain buruk melawan RB Leipzig, karena kami terlalu banyak melakukan kesalahan. Tapi kami harus bersiap menghadapi laga selanjutnya, karena memiliki laga yang menarik (melawan Manchester City)," kata Julian Brandt. (AFP/Manchesterevening/OL-4)

BERITA TERKAIT