09 September 2022, 12:23 WIB

Debut Suram CR7 di Liga Europa


Akmal Fauzi |

DEBUT Cristiano Ronaldo di Liga Europa berakhir suram saat Manchester United kalah dari Real Sociedad 0-1 di Stadion Old Trafford, Jumat (9/9) dini hari WIB. Bermain sejak menit pertama, CR7 memperpanjang catatan buruk yang diraihnya pada awal musim ini.

Manajer MU Erik ten Hag memulai babak penyisihan grup Liga Europa dengan membuat sejumlah perubahan. Pelatih asal Belanda itu memberikan kesempatan kepada Ronaldo sebagai starter setelah hanya menyaksikan empat kemenangan beruntun di Liga Primer Inggris dari bangku cadangan. 

Pemain berusia 37 tahun, yang berharap hengkang dari Manchester United pada jendela transfer ini agar bisa bermain sepak bola Liga Champions, justru tampil buruk di penampilan pertamanya di Liga Europa.

Baca juga: Manchester United Awali Kiprah di Liga Europa dengan Kekalahan

Dalam catatan Sofascore, CR7 gagal membuat tembakan akurat dari empat kali percobaan. Ronaldo juga hanya sekali memenangi duel udara dari enam percobaan dan memenangi empat duel darat dari tujuh percobaan. Ronaldo juga tercatat sembilan kali kehilangan penguasaan bola.

Ronaldo sempat mencetak gol pada menit 35 melalui sundulan menyambut umpan Diogo Dalot. Namun, gol itu dianulir karena offside. 

Pemain asal Portugal itu sudah bermain tujuh kali (enam kali di Liga Primer Inggris dan satu kali di Liga Europa) musim ini dengan total 297 menit. Namun, ia masih belum mencetak gol.

Ronaldo pernah tampil di kompetisi kasta kedua kompetisi klub Eropa itu pada 2002 saat berusia 17 tahun dan berseragam Sporting CP. Kompetisi itu dulunya bernama Piala UEFA. 

Setelah kembali, 20 tahun kemudian, Ronaldo mungkin harus menunggu kesempatannya di Liga Europa dan berharap dia bisa segera mendapatkan kembali sentuhan mencetak golnya dan memaksa Ten Hag untuk menjadikannya pilihan utama di pertandingan Liga Primer Inggris.

Erik ten Hag memilih tidak memberikan keterangan usai laga karena dalam suasana berkabung yang tengah menyelimuti Inggris. Meninggalnya Ratu Elizabeth II melemparkan tabir kesedihan di Old Trafford malam itu.

Sementara itu, Pelatih Real Sociedad, Imanol Alguacil mengakui timnya beruntung di laga itu. Gol tunggal Real Sociedad dicetak Brais Mendez lewat titik putih pada menit ke-59. 

Meski demikian, Imanol Alguacil menegaskan keberuntungan hanya bisa berbuah hasil jika mereka menunjukkan kerja keras.

"Mungkin hanya ada sedikit orang yang lebih bahagia dari saya. Kami tahu kami memiliki lawan yang sangat kuat, tetapi jika kami memainkan permainan yang baik, kami akan memiliki peluang. Kami harus memiliki sedikit keberuntungan.

“Saya senang dengan semua yang kami coba lakukan. Hari ini semuanya berjalan sesuai keinginan kami, ini adalah pertandingan pertama babak penyisihan grup dan kami sekarang dapat memikirkan pertandingan berikutnya," kata Imanol Alguacil. (ESPN/Onefootball/OL-1)

BERITA TERKAIT