07 September 2022, 10:41 WIB

Mbappe dan Haaland Bersinar di Laga Pembuka Liga Champions


Akmal Fauzi |

Kylian Mbappe dan Erling Haaland menjadi bintang ketika Paris Saint-Germain (PSG) dan Manchester City mencatatkan kemenangan awal di babak penyisihan grup Liga Champions Eropa, Rabu (7/9) dini hari WIB.

Mbappe mencetak dua gol saat PSG mengalahkan Juventus 2-1 dalam laga yang digelar di Parc des Princes, Paris. Sementara satu gol Juventus diciptakan Weston McKennie.

Dua gol Mbappe sangat memukau di laga itu. Gol pertama datang setelah umpan dari Neymar yang langsung diteruskan dengan tendangan voli. Cara Mbappe mencetak gol kedua pun serupa dengan yang pertama, yakni melalukan sepakan voli ketika bola belum menyentuh tanah setelah menerima assist Achraf Hakimi.

Mbappe menunjukkan mengapa PSG begitu gigih untuk mempertahankannya di akhir musim lalu ketika dikabarkan akan pindah ke Real Madrid.

“Kami bermain bagus dan kami mendapat kemenangan dalam suasana luar biasa di kandang,” kata Mbappe.

"Kami selalu ingin bermain melawan tim besar, itulah mengapa Anda bermain di Liga Champions. Suasana seperti itulah yang kami sukai, pertandingan seperti ini, di mana Anda harus menunjukkan karakter," jelasnya.

Di pertandingan lainnya, setelah tampil impresif di Liga Primer dengan mencetak 10 gol dari enam pertandingan pertamanya, Erling Haaland membuktikan diri juga bisa tampil tajam di Liga Champions.

Penyerang asal Norwegia tersebut mencetak dua gol dari kemenangan 4-0 Manchester City atas Sevilla. Dua gol Man City lainnya masing-masing disumbang Phil Foden dan Ruben Dias.

Dua gol itu membuatnya menjadi pemain Man City pertama yang berhasil mencetak gol dalam laga debut Liga Champions dan Liga Primer.

Haaland juga menorehkan rekor sebagai pemain yang mencetak gol pada laga pertama Liga Champions di tiga tim berbeda. Haaland melakukan hal serupa ketika masih berseragam Red Bull Salzburg dan Borussia Dortmund. Penyerang 22 tahun itu menyamai prestasi Fernando Morientes, Javier Saviola dan Zlatan Ibrahimovic.

Manajer Man City Pep Guardila menyebut Haaland telah menampilkan performa yang sangat konsisten seperti saat masih membela RB Salzburg maupun Borussia Dortmund.

'Dia memiliki pemahaman yang luar biasa tentang mencetak gol. Kami memiliki angka luar biasa terkait hal mencetak gol dan kami ingin itu terus berlanjut," kata Guardiola.

Hasil ini membuat Manchester City untuk sementara memuncaki klasemen Grup G Liga Champions 2022-2023 dengan koleksi tiga poin, sementara Sevilla harus terbenam di dasar klasemen.

Pekan depan Haaland akan bereuni dengan klub lamanya Borussia Dortmund yang menang 3-0 atas FC Copenhagen di pertandingan lainnya di Grup G. (AFP/OL-12)

BERITA TERKAIT