28 August 2022, 10:50 WIB

Arteta Ubah Arsenal Jadi Pesaing Utama Liga Primer


Akmal Fauzi |

KLUB Arsenal telah menunjukkan banyak perubahan di pekan pembukaan Liga Primer 2022-2023 dan memberikan optimisme kepada para penggemar. The Gunners menjadi satu-satunya tim yang terus menang dalam empat pertandingan yang sudah dijalani.

Arsenal melanjutkan tren positifnya pada pekan keempat berkat kemenangan comeback 2-1 atas Fulham di Stadion Emirates, Minggu (28/8) dini hari WIB.

Fulham mampu unggul 1-0 lebih dulu lewat Aleksandar Mitrovic di menit ke-56. Arsenal berbalik unggul lewat gol Martin Odegaard (64') dan Gabriel Magalhaes (85').

Empat kemenangan beruntun itu menempatkan Arsenal di puncak klasemen dengan mengemas poin 12, unggul dua poin dari juara bertahan Manchester City. The Gunners juga dari para pesaing berat lainnya seperti Chelsea, Manchester United, dan Liverpool.

Kemenangan 2-1 melawan Fulham menandai pertandingan ke-100 Arteta di Liga Inggris sebagai pelatih klub. Di musim ketiganya bersama tim 'Meriam London', Arteta memberikan perubahan kepada Arsenal.

Baca juga: Gol Tunggal Anthony Modeste Bawa Dortmund Kalahkan Hertha Berlin

Musim sebelumnya Arsenal kerap dikritik sebagai tim yang tak memiliki karakter.

Namun, empat laga awal musim ini, mereka membuktikan diri sebagai tim yang berbeda. Mereka juga dipuji karena mampu bermain atraktif dan efektif.

Perbedaan paling nyata adalah perubahan mentalitas para pemainnya. "Kami semua sangat lapar untuk memenangkan setiap pertandingan. Kami akan terus seperti ini sepanjang musim," kata pemain Arsenal Bukayo Saka.

Mantan striker Arsenal Alan Smith mengatakan ada kepercayaan yang dibangun secara bertahap oleh Arteta.

“Sekarang mereka melihat tantangan yang lebih sulit dan melakukannya dengan penuh percaya diri. Itu adalah pembelajaran musim lalu, tetapi sekarang ini menjadi pertanda sangat baik untuk musim yang sangat bagus," ujarnya.

Sementara itu Arteta memuji ketangguhan timnya setelah mengalahkan Fulham untuk mempertahankan rekor 100% mereka di Liga Primer. Menurutnya, para pemain mampu membayar kesalahan yang dibuat hingga terjadi gol untuk Fulham.

"Kami membuat kesalahan dan mereka menghukum kami. Tetapi kemudian bagaimana kami bereaksi terhadap kesulitan, cara kami melakukannya, tim percaya. Pemain ingin memenangkan pertandingan, pemain melakukannya dan kami berhasil," jelasnya.

Meskipun penampilan awal musim Arsenal yang mengesankan, Arteta menolak membicarakan gelar juara. "Tidak, ini adalah awal dari musim yang panjang. Kita harus rendah hati dan lapar," kata Arteta. (Mal/BBC/AFP/OL-09)

BERITA TERKAIT