16 August 2022, 17:51 WIB

Liga 2 2022-2023 Dimulai 27 Agustus


Widhoroso |

KETUA Umum PSSI Mochamad Iriawan menyebut Liga 2 musim ini bakal dimulai pada 27 Agustus mendatang. Kompetisi sepakbola kasta kedua Tanah Air digelar dengan format 3 wilayah.

Iriawan menyampaikan PSSI bersama PT Liga Indonesia Baru (LIB) sedang mematangkan untuk memutar Liga 2. Semua yang berkaitan seperti jadwal, regulasi, dan lain-lainnya bakal diumumkan dalam waktu dekat ini. "Liga 2 sebentar lagi tanggal 27 Agustus ya. Untuk pertandingan pembuka nanti kita akan rapat dulu dengan LIB," kata Iriawan.

Selain itu Iriawan menyebut alasan menggunakan format 3 wilayah pada Liga 2. Menurutnya, hal tersebut untuk memudahkan semua kontestan dalam bermain.

Seluruh peserta Liga 2 sudah setuju dengan format tersebut. Kesepakatan ini terjadi usai manager meeting klub bersama PT LIB yang dibawa ke rapat komite eksekuutif (Exco) PSSI beberapa hari lalu.

Memakai format 3 wilayah merupakan sesuatu yang baru di Liga 2. Pada musim sebelumnya kompetisi tersebut menggunakan 4 wilayah dengan sistem home tournament. "Masalah geografis, Barat, Tengah, dan Timur ya. Nanti kita umumkan lebih jelasnya lagi," ucap sosok yang familier disapa Iwan Bule tersebut.

Sebanyak 28 klub bakal ambil bagian dalam Liga 2 musim ini. Dari jumlah kontestan tersebut cuma tiga klub terbaik yang berhak mendapat jatah promosi ke Liga 1 2023/24. Pada Liga 2 musim lalu, Persis Solo keluar sebagai juara. Laskar Sambernyawa naik kasta ke Liga 1 2022/23 bersama Dewa United dan RANS Nusantara FC. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT