16 August 2022, 13:56 WIB

Lima Teknik Dasar Sepak Bola yang Sering Digunakan


Mesakh Ananta Dachi |

SEPAK bola merupakan olahraga paling populer di dunia. Terdapat 3,5 miliar orang menjadi penggemar olahraga ini. Indonesia juga menjadi negara penggemar sepak bola tertinggi. 

Walaupun terkesan sederhana dan mudah, bermain sepak bola juga memerlukan teknik dan siasat yang bagus. Berikut beberapa teknik dasar bermain sepak bola yang bisa kamu pelajari.

Teknik shooting

Teknik shooting dalam sepak bola berarti menendang bola. Bola yang ditendang harus menuju ke arah gawang lawan. Untuk menendang bola, bisa dilakukan dengan kaki bagian dalam, luar, dan kura-kura kaki. Agar dapat memperoleh gol, perlu menendang dengan akurasi yang tepat dan kekuatan yang tepat. 

Sebelum menendang bola, pastikan sudah ada ruangan yang cukup untuk menendang dan ruang yang bebas dari musuh. Dengan melewati lawan, kita bisa semakin mudah untuk menendang dengan akurasi dan kekuatan yang tepat juga. Jangan biarkan bola ditendang terlalu kencang atau terlalu pelan. 

Teknik dribbling

Dribbling atau menggiring bola ialah teknik yang bisa kamu pelajari untuk melewati lawan. Dengan bisa melewati lawan, kamu akan semakin mudah menendang bola ke gawang dan memperoleh gol. Untuk bisa menggiring bola, latihan yang intens memang dibutuhkan. Dribbling membutuhkan kontrol bola yang baik. 

Saat menggiring bola, dibutuhkan fokus dan ketenangan yang baik, agar kamu bisa mengidentifikasikan ruang untuk melewati pemain lawan. Setelah itu, dibutuhkan kontrol bola yang baik. Kamu bisa melatih teknik menggiring bola dengan membawa bola sambil berjalan agar kontrol bola semakin baik.

Teknik passing

Passing atau mengoper ialah teknik memindahkan bola dari posisi kita ke rekan. Passing bisa dilakukan dengan short passing, yaitu dengan mengoper bola dalam ruangan yang lebih kecil, mungkin dengan rekan di sebelah kita. 

Selain itu, passing juga bisa dilakukan dengan teknik long passing, yaitu dengan ruangan yang lebih besar. Untuk ini dibutuhkan akurasi yang tepat dengan kecepatan yang sesuai, agar bola yang diterima oleh rekan kita bisa tepat sasaran.

Teknik bertahan

Saat bertahan, kita bisa melakukan tackle atau sliding. Tackle yaitu teknik yang dilakukan dengan menjatuhkan diri kita untuk memperpanjang jangkauan kaki demi merebut bola. Namun, saat melakukan tackle, kita harus memastikan waktu dan posisi yang tepat, agar kaki kita memang bertujuan merebut dan membuang bola dan merendahkan risiko pelanggaran berupa menyerang kaki lawan. 

Selain itu, kita bisa melakukan intersepsi yakni kita melakukan pertahanan tanpa harus membuat upaya yang sama dengan tackle. Artinya, kita merebut bola dari kaki lawan dengan tetap dalam keadaan berdiri. Untuk itu, perlu kecepatan dan kekuatan yang baik, bagi bek, agar bisa merebut bola dengan mudah.

Teknik menyundul bola

Meskipun sepak bola dimainkan dengan kaki, kepala juga mengambil peran yang besar dalam olahraga ini. Banyak gol yang tercipta dari sundulan. Untuk itu, saat menyundul bola, kita harus memastikan posisi kepala yang tepat. Hal ini untuk mengoptimalisasikan bola agar bisa gol dan menghindari cedera kepala yang mungkin bisa terjadi. 

Karenanya, saat anda menyundul bola, pastikan menyundulnya dengan menggunakan kening bagian atas. Hindari menyundul bola dengan kepala bagian belakang anda. (OL-14)

BERITA TERKAIT