15 August 2022, 19:09 WIB

Kompetisi Elite Pro Academy Kembali Bergulir


Dhika Kusuma Winata |

KOMPETISI sepak bola Elite Pro Academy (EPA) U-16 dan U-18 kembali digulirkan PSSI. Jakarta dipilih sebagai lokasi berlangsungnya dua turnamen usia remaja tersebut.

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan berharap turnamen tersebut bisa memunculkan bakat muda yang potensial untuk mengisi tim nasional (timnas) Indonesia.

"Tunjukkan penampilan terbaik kalian. Saya yakin jika kalian menampilkan yang terbaik, peluang untuk masuk timnas terbuka lebar, baik itu tim U-16 maupun tim U-19," ujar Iriawan ketika membuka kompetisi EPA, Senin (15/8).

Baca juga: Juara Piala AFF, Tim U-16 Indonesia Dapat Total Bonus Rp750 Juta

Pada tahun ini, kompetisi EPA dibagi menjadi kelompok umur U-16 dan U-18. Sebanyak 18 tim dari klub Liga 1 musim ini berpartisipasi sebagai peserta.

Rinciannya, Dewa United, Persita Tangerang, Borneo FC Samarinda, Persikabo 1973, RANS Nusantara FC, Persib Bandung, PSS Sleman, PSIS Semarang, Persik Kediri dan Persija Jakarta.

Kemudian, Persis Solo, Arema FC, Persebaya Surabaya, Madura United FC, PS Barito Putera, Bhayangkara FC, PSM Makassar dan Bali United FC.

Baca juga: Persikabo dan Persija Bermain Imbang 1-1

Selain di GBK Senayan, lapangan latihan Jakarta International Stadium (JIS) juga menjadi lokasi pertandingan. Kompetisi EPA sudah bergulir tahun lalu. PSM Makassar U-16 keluar sebagai juara tahun lalu dan Persib Bandung U-16 keluar sebagai runner-up.

Adapun untuk kategori U-18, Bali United keluar sebagai juara, sedangkan runner up disandang Persib Bandung. Iriawan menyambut positif kompetisi usia muda bisa kembali berjalan. PSSI disebutnya tidak akan melakukan intervensi terhadap rekrutmen pemain.

"Semua diarahkan ke pelatih. Tidak ada titip-titipan. Semua murni karena penilaian pelatih. Sekali lagi, tunjukkan penampilan terbaik," pungkas Iriawan.(OL-11)
 

BERITA TERKAIT