12 August 2022, 11:30 WIB

Jadwal Piala Dunia Dimajukan, Qatar dan Ekuador Jadi Laga Pembuka


Akmal Fauzi |

FIFA resmi memajukan kick off Piala Dunia 2022 Qatar seharii lebih cepat menjadi 20 November 2022. Tuan rumah akan melawan Ekuador di laga pembuka.

Sebelumya, laga perdana Piala Dunia 2022 akan bergulir pada 21 November mendatang. Senegal vs Belanda yang bakal tampil di laga pembuka. Namun FIFA memutuskan memajukan jadwal yang telah disetujui enam badan sepak bola kontinental.

Alasannya, ada tradisi yang melekat di perhelatan Piala Dunia. Di mana tim tuan rumah atau juara bertahan akan menjadi penampil pertama di ajang tersebut. Tradisi ini mulai bergulir pada Piala Dunia 2006. Jerman selaku tuan rumah saat itu membuka turnamen dengan menjamu Kosta Rika.

Untuk itu, Qatar selaku tuan rumah akan memulai laga melawan Ekuador pada Minggu (20/11) malam waktu setempat setelah upacara pembukaan di Stadion Al Bayt yang berkapasitas 60 ribu orang.

"FIFA akan berusaha untuk mengatasi setiap masalah yang timbul dari perubahan ini berdasarkan kasus per kasus," kata badan sepak bola dunia itu mengenai persoalan rencana perjalanan penonton yang terpengaruh akibat perubahan jadwal ini. Bagi yang sudah memesan tiket akan diberi tahu melalui email bahwa pertandingan telah dijadwalkan ulang dan tiket mereka akan tetap berlaku terlepas dari tanggal atau waktu yang baru.  (FIFA/OL-12)

BERITA TERKAIT