10 August 2022, 12:34 WIB

Juan Mata Tegaskan Masih Mau Bermain di Eropa


Basuki Eka Purnama |

GELANDANG Juan Mata masih berambisi melanjutkan karier sepak bolanya di Eropa setelah kontraknya tidak diperpanjang oleh Manchester United, akhir Juni lalu.

Dikutip dari Football Espana, Rabu (10/8), Mata, yang saat ini tidak memiliki klub dan berstatus agen bebas, telah menolak beberapa tawaran dari tim asal Liga Amerika Serikat (MLS) serta beberapa klub di luar Eropa.

Keputusan Mata untuk tetap bermain di Eropa karena dirinya percaya diri mampu bersaing di level tertinggi dan masih memiliki beberapa tahun sebelum akhirnya pergi ke luar Eropa atau gantung sepatu.

Baca juga: Manchester United Lepas Juan Mata

Saat ini, pemain berusia 34 tahun itu beserta perwakilannya tengah berusaha mencari klub baru di Eropa secepat mungkin sebelum melewatkan masa bursa transfer pemain musim panas ini yang akan ditutup pada 1 September mendatang.

Juan Mata mengawali kariernya sebagai pesepak bola di tim junior Real Madrid sebelum akhirnya memutuskan bergabung dengan tim senior Valencia pada 2007 silam.

Setelah selama empat musim bermain di Mestalla, pemain bernama lengkap Juan Manuel Mata Garcia itu memutuskan untuk pindah ke Chelsea dan tercatat mampu meraih beberapa gelar bergengsi seperti Piala FA, Liga Champions, dan Liga Europa.

Pada musim panas 2014, Manchester United mendatangkan Mata dari Chelsea dengan biaya transfer diyakini mencapai 44 juta euro atau sekitar Rp668 miliar. 

Mata tercatat menghabiskan delapan musim bersama The Red Devils dan mampu mempersembahkan satu gelar Piala Liga Inggris, Piala FA, dan Liga Europa.

Selain itu, Mata juga termasuk ke dalam skuat Spanyol asuhan Vicente del Bosque yang mampu menjuarai gelaran Piala Dunia 2010 Afrika Selatan dan Piala Eropa Polandia-Ukraina, 2012 silam. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT