08 August 2022, 19:35 WIB

Barcelona Minta de Jong Batalkan Kontrak Terakhir


Widhoroso |

BARCELONA dilaporkan mendesak Frenkie de Jong untuk membatalkan kontrak terbarunya. Pemain asal Belanda itu diminta kembali ke kontrak awal.

Dikabarkan, Barcelona telah mengajukan permintaan itu secara tertulis kepada De Jong. Klub La Liga itu menyatakan telah menemukan bukti tindakan kriminal atas nama pihak-pihak yang menandatangani pembaruan kontrak de Jong pada 20 Oktober 2020.

Barcelona mendesak gelandang berusia 25 tahun itu untuk mengubah kontraknya sesuai dengan kesepakatan lama yakni ketika ia pertama kali bergabung dari Ajax pada 2019. Pembaruan kontrak De Jong itu diumumkan setahun berikutnya bersama dengan tiga pemain lainnya, Gerard Pique, Marc-Andre ter Stegen dan Clement Lenglet. Itu merupakan salah satu keputusan terakhir yang dibuat oleh manajemen lama Barcelona di bawah kepemimpinan presiden Josep Bartomeu sebelum lengser dan sekarang digantikan oleh Joan Laporta.

De Jong menyetujui perpanjangan kontrak dua tahun hingga 2026 dengan pengurangan gaji untuk musim 2020-2021 dan 2021-2022 demi membantu klub meringankan krisis finansial mereka. Namun, Barcelona tetap harus melunasi 18 juta euro yang dianggap utang kepada sang pemain dan harus dibayarkan dalam empat musim berikutnya.

Utang kepada sang pemain itulah yang menjadi masalah bagi mereka pada musim panas ini. De Jong sendiri menolak dijual kecuali Barcelona membayar apa yang menjadi haknya secara penuh.

Manchester United meminati de Jong dan bersedia memenuhi banderolnya, namun pemain Belanda itu belum mau pindah. Selain faktor loyalitasnya pada Barcelona, diyakini bahwa masalah kontrak itu juga menjadi salah satu alasannya enggan meninggalkan Camp Nou.

Barcelona memang terbuka untuk menjual De Jong demi melonggarkan beban pengeluaran gaji. Hal itu membuat Barcelona sejauh ini belum bisa mendaftarkan para pemain baru di antaranya Robert Lewandowski, Raphinha, dan Jules Kounde. (Goal/OL-15)

 

 

BERITA TERKAIT