05 August 2022, 12:20 WIB

Ten Hag Hadapi Tugas Berat di Debut Liga Primer Inggrisnya


Dhika kusuma winata |

AWAN kelabu menghinggapi Erik ten Hag menjelang debutnya di Liga Primer Inggris 2022/2023. Musim baru yang semestinya menjadi awal yang segar bagi Manchester United pun kini berubah menjadi keraguan yang perlu segera dijawab.

Manchester United akan menjamu Brighton & Hove Albion pada laga perdana Liga Primer Inggris di Old Trafford, Minggu (7/8), di tengah persiapan skuat yang belum komplet.

Sejumlah drama balik layar terkait bursa transfer yang terjadi diprediksi akan membuat tugas pelatih asal Belanda itu menjadi makin berat mengawali musim baru.

Baca juga: Ten Hag Minta Syarat Ini Jika Ronaldo Mau Masuk Skema Permainan MU

Sejauh ini, baru tiga wajah baru yang berhasil didatangkan ke Old Trafford yakni Lisandro Martinez, Tyrell Malacia, dan Christian Eriksen. Buruan nomor utama Ten Hag, yakni Frenkie de Jong, hingga kini belum membuahkan hasil.

Dari sisi kedalaman skuat, Setan Merah, musim ini dinilai lebih lemah karena mereka, sebelummya, sudah kehilangan Paul Pogba, Edinson Cavani, Jesse Lingard, Nemanja Matic, dan Juan Mata. Kiper Dean Henderson juga bergabung ke Nottingham Forest dengan status pinjaman.

Masa depan Cristiano Ronaldo di Old Trafford juga masih diliputi tanda tanya. Ronaldo sudah membuat penampilan pertamanya pada pramusim pekan lalu namun masalah kebugarannya menjadi persoalan karena dia lama melewatkan latihan.

Ten Hag bereaksi tidak ingin menuruti ego Ronaldo dan memerintahkannya untuk segera kembali ke kondisi fisik yang fit.

"Dia adalah pemain sepak bola yang fantastis, dan dia telah membuktikannya berkali-kali, tetapi Anda selalu dinilai dari apa yang Anda tampilkan sekarang dan bagaimana performa sekarang Jadi, tim dan Cristiano sendiri harus membuktikannya," ucap Ten Hag.

Ronaldo diperkirakan akan tersisih dari starting line-up melawan Brighton karena masalah kebugaran. Itu menjadi peluang bagi Marcus Rashford, Anthony Martial, dan Jadon Sancho untuk bisa tampil menjadi tumpuan.

"Saya merasa jauh lebih baik dari biasanya ketika saya pergi bersama tim nasional dan kembali di pertengahan pramusim. Penting untuk mendapatkan awal yang baru. Saya merasa segar dan siap," tutur Rashford.

Namun, Martial dilaporkan masih mengalami masalah dengan cedera hamstring-nya dari laga pramusim. Di lini tengah, Eriksen diperkirakan akan tampil bersama Martinez.

Laga melawan Brighton menyimpan luka tersendiri bagi Setan Merah yang di akhir musim lalu kalah 0-4 sekaligus terlempar dari perburuan tiket Liga Champions. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT