04 August 2022, 15:59 WIB

Ambisi Bayern Lanjutkan Dominasi Bundesliga Tanpa Lewandowski


Akmal Fauzi |

UPAYA Bayern Muenchen mempertahankan gelar Bundesliga diuji saat bertandang ke markas pemenang Liga Europa, Eintracht Frankfurt, dalam laga perdana Bundesliga musim 2022-2023 pada Sabtu (6/8) dini hari WIB di Stadion Deutsche Bank Park. Klub Bavaria itu berharap tetap mendominasi di Bundesliga meski kini tanpa striker bintang Robert Lewandowski yang hijrah ke Barcelona.

Meskipun sudah ditinggalkan Lewandowski yang mencetak 344 gol dalam 375 pertandingan di semua kompetisi selama delapan tahun di Allianz Arena, Bayern masih diunggulkan untuk merebut gelar domestik ke-11 berturut-turut. Kehadiran Sadio Mane dari Liverpool dinilai dapat menguntungkan karena lini serang Bayern kini menjadi sulit diprediksi lawan.

Keduanya memang berbeda tipe, tapi justru pemain seperti Mane yang diyakini diinginkan oleh Pelatih Bayern Julian Nagelsmann. Nagelsmann cenderung lebih menyukai tipe penyerang yang bergerak melebar untuk membuka ruang bagi lini kedua. Sementara Lewandowski merupakan tipe nomor 9 murni, yang lebih banyak beroperasi di area kotak penalti.

Mane mencetak satu gol dalam kemenangan 5-3 atas RB Leipzig dalam laga Piala Super Jerman, Minggu (31/7) dini hari WIB. Itu menjadi trofi pertamanya bersama FC Hollywood pascakepindahan dari Liverpool. Bayern tak banyak melakukan uji coba pramusim. Hanya ada dua laga yang dimainkan yakni menang atas DC United 6-2 dan kalah 0-1 dari Manchester City.

Lewandowski rata-rata mencetak lebih dari 50 gol per musim dalam tiga tahun terakhirnya di Bayern. Mane menawarkan sesuatu yang lain. Ada kegembiraan di sekelilingnya. Keyakinan yang tulus bahwa dia mungkin membuat Bayern lebih baik.

"Saya sangat menyukainya. Saya pikir dia adalah seseorang yang bisa membuat perbedaan," kata mantan kapten Bayern, Lothar Matthaus.

Baca juga: Lewandowski Mampir ke Bayern untuk Berpamitan

Bayern juga mendatangkan bek tengah, Matthijs de Ligt, dari Juventus untuk menutupi pertahanan yang bocor. Tiga gol pada babak kedua di Piala Super melawan Leipzig membuat Nagelsmann masih memiliki beberapa pekerjaan yang harus dilakukan.

Bayern juga wajib memperhatikan dalam 3 kali kunjungan terakhir ke Stadion Deutsche Bank Park, mereka sudah 2 kali ditundukkan Frankfurt. Salah satu kekalahan bahkan terjadi dengan hasil telak 5-1.

Berbekal tim yang solid, bermain di kandang sendiri dan pengetahuan mengenai strategi Bayern menjadi modal awal pelatih Frankfurt Oliver Glasner untuk kalahkan Bayern. Kemenangan 4-0 atas Magdeburg pada laga uji coba terakhir juga mendongkrak moral tim, dan sangat membantu pelatih Oliver Glasner untuk mempersiapkan skuadnya.

"Bayern akan memimpin selama perjalanan Bundesliga. Tetapi, itu tidak menjadi alasan bagi kami untuk kibarkan ‘bendera putih’. Kami akan melakukan segalanya yang kami bisa untuk memulai musim dengan kemenangan di kandang,” kata Oliver. (Skysports/OL-5)

BERITA TERKAIT