03 August 2022, 13:15 WIB

Fulham Datangkan Leno dari Arsenal


Basuki Eka Purnama |

FULHAM, Rabu (3/8) WIB, secara resmi mengumumkan kedatangan Bernd Leno setelah merampungkan transfer kiper Jerman itu dari sesama klub Liga Primer Inggris, Arsenal.

Tim promosi itu tidak mengungkapkan rincian transfer Leno, tapi media-mediacInggris melaporkan mereka menebus kiper berusia 30 tahun tersebut seharga 8 juta pound sterling (sekitar Rp145,15 miliar) dari Arsenal.

Leno menuntaskan kepindahannya dengan menandatangani kontrak berdurasi tiga tahun, yang menyertakan opsi perpanjangan satu tahun bersama Fulham.

Baca juga: Fulham Datangkan Pereira dari Manchester United

"Sungguh menyenangkan akhirnya berada di sini. Saya tidak sabar untuk bergabung dengan tim, berlatih, dan bermain bersama-sama," kata Leno dikutip dari situs resmi Fulham.

"Saya lega prosesnya sudah selesai. Saya hanya senang bisa berada di sini. Cukup memakan waktu, tapi pada akhirnya ini rampung, dan itulah yang terpenting," tambahnya.

Pemilik Fulham Tony Khan menyampaikan kelegaan yang sama bahwa klubnya bisa merampungkan proses kepindahan Leno, yang menjadi target utama mereka sepanjang bursa transfer musim panas ini.

"Dia sudah bermain di level tertinggi, dan datang ke sini membawa pengalaman serta aspek kepemimpinan. Dia akan menjadi tambahan hebat untuk skuat Marco Silva, yang tidak sabar menyongsong musim baru," katanya.

Leno menjadi pemain ketujuh yang didatangkan permanen oleh Fulham setelah gelandang Joao Palhinha, gelandang serang Kristian Sekularac, penyerang Callum McFarlane, gelandang serang Andreas Pereira, dan bek sayap Kevin Mbabu.

Fulham juga sebelumnya telah menyepakati peminjaman penyerang sayap Manor Solomon dari klub Ukraina Shakhtar Donetsk.

Leno merupakan produk akademi VfL Stuttgart yang memainkan debut seniornya sebagai pemain pinjaman di Bayer Leverkusen di usia 19 tahun pada 14 Agustus 2011.

Setengah musim sebagai pemain pinjaman, Leno yang bisa merebut posisi kiper utama Leverkusen langsung dipermanenkan kepindahannya dari Stuttgart.

Tujuh musim bermarkas di BayArena, Leno kemudian diboyong Arsenal ke Inggris pada musim panas 2018 dan langsung sukses menggusur Petr Cech sebagai kiper utama serta menutup musim pertamanya di London dengan medali runner-up Liga Europa.

Sayangnya, posisi Leno mulai tergusur sejak kedatangan Aaron Ramsdale dan musim lalu ia hanya mencatatkan delapan penampilan untuk Arsenal di semua kompetisi.

Sejak melakoni debut di level senior, Leno telah menorehkan 152 catatan nirbobol dalam 591 penampilan di berbagai kompetisi.

Keberadaan Manuel Neuer membuat banyak kiper kesulitan menggantikannya di timnas Jerman, kendati demikian Leno telah mencatatkan sembilan penampilan untuk Der Panzer serta masuk dalam skuat Piala Eropa 2020 lalu. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT