03 August 2022, 12:45 WIB

Chelsea Sepakati Nilai Transfer Chukwuemeka dan Boyong Slonina


Basuki Eka Purnama |

CHELSEA, Rabu (3/8) WIB, mengonfirmasi kesepakatan transfer gelandang Aston Villa Carney Chukwuemeka dan mengumumkan perekrutan kiper muda Gabriel Slonina dari klub Amerika Serikat (AS) Chicago Fire.

Baik Chelsea maupun Villa tidak mengungkap secara rinci harga yang disepakati kedua belah pihak untuk transfer Chukwuemeka, tapi media-media Inggris melaporkan pemain berusia 18 tahun itu dibanderol sekira 15-20 juta pound sterling.

Dengan kesepakatan tersebut, Villa telah mengizinkan Chukwuemeka bertolak ke London dan menjalani negosiasi kontrak personal serta melakukan tes kesehatan sebagai proses finalisasi kepindahan.

Baca juga: RB Leipzig Optimistis Bisa Pulangkan Werner dari Chelsea

Musim lalu, Chukwuemeka mencatatkan 12 penampilan untuk Villa di Liga Primer Inggris dan baru-baru menjadi kapten timnas Inggris U-19, yang menjuarai Piala Eropa U-19 2022 di Slowakia.

Kabar kesepakatan pembelian Chukwuemeka menjadi angin segar bagi Chelsea, yang dalam bursa transfer musim panas ini kerap ditikung beberapa klub lain seperti kalah bersaing dari Barcelona untuk mendapatkan bek Jules Kounde.

Sebagaimana transfer Chukwuemeka, Chelsea tidak mengungkap nilai transfer Slonina, tapi media-media Inggris melaporkan kiper berusia 18 tahun itu diboyong seharga 8,1 juta pound sterling.

Slonina adalah kiper muda AS, yang dianggap punya talenta menjanjikan, mengingat ia merupakan rekrutan termuda Fire saat menandatangani kontrak profesional dalam usia 14 tahun pada 2019.

Sekitar dua tahun kemudian, Slonina menjadi kiper termuda yang bermain dalam sejarah MLS saat tampil melakoni debutnya untuk Fire di usia 17 tahun dan 81 hari pada Agustus 2021.

Slonina masih akan dipinjamkan oleh Chelsea ke Fire hingga sisa musim MLS yang tengah berjalan dan baru akan hijrah ke Stamford Bridge pada awal 2023.

Perekrutan Chukwuemeka dan Slonina, menyusul dua pembelian Chelsea sebelumnya yakni penyerang sayap Raheem Sterling dari Manchester City dan bek tengah Kalidou Koulibaly dari Napoli.

Musim lalu, Chelsea finis di urutan ketiga Liga Primer Inggris, menjadi runner-up Piala FA dan Piala Liga Inggris, mencapai perempat final Liga Champions setelah meraih dua trofi yakni Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub.

Chelsea akan mengawali musim baru dengan bertandang ke Goodison Park menghadapi Everton pada Sabtu (6/8). (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT