02 August 2022, 23:10 WIB

EA Sports Akan Jadi Sponsor Utama La Liga Mulai Musim 2023/2024


Ghani Nurcaahyadi |

RAKSASA video games asal Amerika Serikat, Electronic Arts leewat divisi EA Sports akan menggantikan bank asal Spanyol, Santander sebagai sponsor utama La Liga pada musim pada 2023. Kesepakatan itu disebut La Liga tidak hanya meningkatkan pendapatan mereka.

'Mulai musim 2023/2024, kesepakatan ini berdasarkan niat bersama untuk merevolusi pengalaman (menonton) sepak bola. Akan ada integrasi antara pengalaman fisik dan virtual, termasuk pengembangan dari sisi siaran dan komitmen kedua pihak untuk mengembangkan sepak bola usia dini,: kata La Liga dalam laman resminya.

Media di Spanyol menyebutkan, kesepakatan La Liga dan EA Sports akan terjalin selama 5 tahun dan diperkirakan kesepakatan itu bernilai 30-40 juta Euro per tahun. Sebelumnya bersama Santander sejak 2016, kesepakatan keduanya bernilai 17 juta Euro per tahunnya.

Sebelum menjalin kerja sama dengan EA Sports, nama resmi La Liga ialah La Liga Santander untuk divisi utama dan La Liga Smartbank untuk divisi dibawahnya.

Baca juga : Chelsea Siap Salip Cucurella dari Manchester City

"EA Sports merepresentasikan pengalaman sepak bola yang interaktif, sementara La Liga merupakan salah satu kompetisi besar di dunia dengan basis fan yang besar, baik secara digital maupun dari sisi penyiaran," kata Presiden La Liga Javier Tebas.

Keuntungan dari sponsor di La Liga tercatat terus merangkak naik, dari 50 juta Euro pada musim 2016/2017, hingga mencapai 155 juta Euro musim lalu. Di periode yang sama, pendapatan dari hak siar TB juga meningkat hampir dua kali lipay, dari 825 juta Euro pada 2016/2017 menjadi 1,625 miliar Euro pada 2021/2022.

Electronic Arts dan EA Sports yang berbasis di California, AS, merupakan salah satu pengembang gim populer, salah satunya lewat gim FIFA yang dikeluarkan untuk banyak platform. Meski demikian, EA telah resmi pecah kongsi dengan FIFA dan mulai 2023 akan mengeluarkan serial gim sepak bolanya dengan nama EA Sports FC. (AFP/OL-7)

BERITA TERKAIT