01 August 2022, 07:38 WIB

Kalahkan Jerman, Inggris Juara Piala Eropa Putri


Basuki Eka Purnama |

INGGRIS memenangkan gelar turnamen sepak bola putri pertama setelah Chloe Kelly mencetak gol di babak tambahan waktu untuk memastikan kemenangan 2-1 atas Jerman di laga final Piala Eropa di Stadion Wembley, Minggu (31/7).

Di hadapan 87.192 penonton, jumlah terbanyak dalam sejarah Piala Eropa, baik putra maupun putri, Kelly menyambar bola lepas untuk mengakhiri penantian timnas putri Inggris selama 56 tahun untuk memenangkan gelar Piala Dunia atau Piala Eropa.

Kelly pulih dari cedera anterior cruciate ligament untuk tampil di Piala Eropa dan sukses menjadi pahlawan nasional dengan berada di tempat yang tepat saat timnas Jerman gagal menyapu bersih sepak penjuru pada menit 110.

Baca juga: Timnas Swedia Melaju ke Semifinal Piala Eropa Putri

Gelandang timnas Manchester City itu melakukan selebrasi dengan jerseynya seperti yang dilakukan Brandi Chastain kala mencetak gol penanti penentuan yang mengantarkan Amerika Serikat (AS) menjadi juara Piala Dunia 1999.

"Ini adalah perwujudan mimpi karena saya sudah menonton sepak bola putri sejak masih kecil," ujar Kelly yang menghentikan wawancara pascaperdandingan untuk ikut menyanyikan lagu Sweet Caroline bersama penonton dan rekan-rekan setimnya.

"Terima kasih kepada semua orang yang membantu saya saat pemulihan cedera saya. Saya selalu yakin bisa bermain di sini. Namun, saya tidak pernah menyangka akan tampil di final dan mencetak gol. Rasanya luar biasa,"lanjutnya.

Inggris tampaknya akan menang di waktu normal ketika pemain pengganti Ella Toone menyambar umpan Merle Frohms untuk membawa tim tuan rumah unggul pada menit 62.

Namun, Jerman berhasil bangkit dan menyamakan kedudukan saat laga menyisakan 11 menit lewat aksi Lina Magull.

Kali ini, Inggris memastikan mereka tidak gagal untuk meraih gelar juara lewat aksi Kelly di babak tambahan waktu.

Bagi pelatih timnas Inggris Sarina Wiegman, ini merupakan kali kedua dia memenangkan gelar Piala Eropa setelah sebelumnya membawa Belanda menjadi juara, lima tahun lalu.

Di bawah kepemimpinan Wiegman, timnas Inggris tidak terkalahkan di 10 laga namun dipaksa berjuang keras melawan Jerman, yang merupakan juara Piala Eropa delapan kali. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT