23 July 2022, 12:17 WIB

Zinchenko Resmi Berlabuh ke Arsenal


Akmal Fauzi |

ARSENAL resmi merekrut bek Ukraina Oleksandr Zinchenko dari Manchester City dengan nilai transfer senilai 30 juta poundsterling atau sekitar Rp539 miliar. Zinchenko menyetujui kontrak selama empat tahun dengan The Gunners saat ia bersatu kembali dengan manajer Arsenal Mikel Arteta yang bekerja sebagai asisten Pep Guardiola.

"Kami sangat senang Alex telah bergabung dengan kami. Dia adalah pemain yang saya kenal secara pribadi dengan sangat baik dan terus mengikutinya setelah waktu saya di Manchester City," kata Arteta.

Zinchenko telah bermain sebanyak 128 penampilan untuk Man City setelah bergabung pada 2016, tetapi hanya tampil 15 kali di Liga Primer musim lalu. Dia memenangkan Liga Primer dan Piala Liga empat kali dan mengangkat Piala FA sekali bersama The Citizens. Keinginan untuk mendapat tempat utama dan kesempatan untuk tampil lebih sering di lini tengah meyakinkannya untuk pindah ke Arsenal yang finis kelima di Liga Premier musim lalu.

Baca juga: Arteta: Zinchenko Mampu Bermain di Lini Tengah

Pemain berusia 25 tahun itu adalah rekrutan kedua Arteta yang mengambil pemain dari juara Liga Primer Man City setelah pemain depan Brasil Gabriel Jesus senilai 45 juta poundsterling. Arsenal juga telah mendaratkan Marquinhos, Matt Turner dan Fabio Vieira di jendela transfer musim panas ini.

Berdasarkan data transfermarkt, total transfer Arsenal musim panas ini yaitu menembus 118 juta poundsterling atau sekitar Rp2 triliun. Belanja Arsenal menjadi yang terbesar musim panas ini melewati Bayern Muenchen dengan total transfer 105 juta pound atau Rp1,8 triliun. DI bawah Arsenal dan Bayern, ada Manchester City, Leeds United, dan Barcelona yang masuk daftar tim-tim dengan pengeluaran terbanyak.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT