22 July 2022, 16:12 WIB

Ujian Perdana Era Baru Macan Kemayoran


Akmal Fauzi |

ERA baru Persija Jakarta akan mendapat tantangan saat melawan Bali United di laga perdana Liga 1 musim 2022-2023 di Stadion I Wayan Dipta Gianyar Bali, Sabtu (23/7) malam WIB. Tim Macan Kemayoran mengusung misi bangkit setelah rapor buruk di kompetisi musim lalu.

Persija finis di urutan kedelapan dengan 45 poin pada Liga 1 musim 2021-2022 terpaut sembilan poin dari Persipura yang terdegradasi ke Liga 2. Mereka hanya mampu memenangkan 11 laga dari 34 pertandingan dengan kemasukan 40 gol. Padahal manajeman saat itu menargetkan Persija finis di urutan ketiga.

Jelang musim 2022/2023, Persija berbenah dengan melepas semua pemain asingnya dan mendatangkan pemain asing yang banyak berlaga di kompetisi Eropa seperti Ondrej Kudela (Ceko), Michael Krmencik (Ceko), Hanno Behrens (Jerman) dan terbaru mendatangkan pemain tim nasional Bahrain Abdulla Yusuf Helal.

Di antara mereka, bahkan ada yang pernah tampil di Liga Europa dan Liga Champions. Nilai pasar pemain Persija musim ini berdasarkan data Transfermakrt mencapai Rp114 miliar. Ini menjadi keseriusan Persija untuk musim ini.

Kedatangan pelatih asal Jerman Thomas Doll juga menopang kekuatan Persija. Hal itu tergambar dari laga uji coba melawan RANS Nusantara dengan kemenangan 4-2 beberapa waktu lalu. Banyak pencinta sepak bola terpukau dengan gaya permainan umpan pendek Persija.

Namun Thomas Doll mengakui masih ada kesenjangan kualitas antarpemain di dalam skuad Macan Kemayoran. Saat pemain asing diganti di laga melawan RANS, Persija sulit membangun serangan. Selain itu lini pertahanan Persija juga masih menjadi pekerjaan rumah untuk Doll agar lebih solid saat di Liga 1 besok.

Doll mengatakan pertandingan melawan Bali United akan menjadi awal yang baik untuk Persija. Sebab, dia ingin timnya bisa membayar kegagalan di musim lalu. Pertandingan itu juga dinilai penting dalam memulai perjalanan Persija sepanjang satu musim ke depan.

"Karena musim lalu (hasilnya) tak memuaskan untuk kami. Saya pikir ini saatnya untuk membayar kembali kepada mereka yang mencintai klub ini," kata Doll dilansir laman resmi Persija.

Baca juga: Persija Datangkan Pemain Asal Bahrain, Pelatih: Skuad Ini Lengkap

Sementara tim juara bertahan Bali United terus melakukan persiapan untuk menghadapi laga melawan Persija. Pelatih Bali United Stefano Cugurra mengatakan Persija adalah tim besar yang memiliki suporter yang fanatik. Teco--sapaan Stefano--juga menilai pemain asing Persija bermain cukup bagus dalam debut di laga uji coba meski mereka baru pertama kali merumput di Indonesia. 

"Persija adalah tim besar, suporter yang fanantik. Kami respek dengan mereka. Dan saya senang bisa bekerja di sana selama dua tahun," ujar Teco.

Teco mengatakan timnya sudah menyiapkan laga melawan Persija dengan baik. Pelatih yang membawa tim Macan Kemayoran juara Liga 1 2018 ini ingin mengawali kompetisi dengan kemenangan. Selain dari latihan, Teco punya catatan evaluasi tentang penampilan timnya dari kegagalan di Piala Presiden 2022 dan Piala AFC 2022.

"Pastinya di sepak bola tidak ada yang sempurna. Harus ada evaluasi dan persiapan menjelang pertandingan, agar setiap pertandingan bisa lebih bagus," ucap Teco.

"Kami juga tengah dalam persiapan menjelang Liga 1 musim ini. Pastinya pertandingan nanti akan berlangsung menarik menghadapi mantan tim saya," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT