03 July 2022, 17:25 WIB

Shin Tae-yong Pantang Remehkan Brunei yang Baru Dicukur Myanmar


Dhika Kusuma Winata |

PELATIH timnas U-19 Shin Tae-yong mewajibkan kemenangan atas Brunei Darussalam dalam laga kedua Grup A Piala AFF 2022, Senin (4/7). Namun ia tak membebani skuadnya dengan target jumlah gol.

"Bagi kami tidak begitu penting untuk jumlah gol karena turnamen ini panjang. Kami fokus untuk kemenangan jadi bukan mencetak gol berapa," kata Shin Tae-yong di sela-sela latihan timnas di Rawalumbu, Bekasi, Minggu (3/7).

Pelatih asal Korea Selatan itu tak mau menganggap enteng Brunei yang pada laga pertama menelan kekalahan telak 0-7 dari Myanmar. Dia tetap akan memelajari skuad Brunei secara detail.

"Yang saya tahu mereka kemasukan tujuh gol lawan Myanmar tetapi saya mendengar performa mereka lumayan baik. Jadi kita tetap harus fokus mempersiapkan tim dengan baik untuk pertandingan lawan Brunei," ujarnya.

Shin Tae-yong memberi sinyal bakal turut melakukan beberapa rotasi pemain. Pasalnya, jadwal babak grup Piala AFF tergolong padat hanya ada jeda satu hari. Ia mesti menjaga kebugaran para pemain.

Persoalan penyelesaian akhir berkaca dari laga perdana melawan Vietnam yang berakhir 0-0 juga menjadi pekerjaan rumah skuad Garuda Muda.

Target kemenangan melawan Brunei bagi tim U-19 krusial untuk menjaga peluang lolos ke babak berikutnya. Tak hanya itu, kemenangan juga penting diraih untuk meningkatkan kepercayaan diri.

Pasalnya, timnas akan menatap laga ketiga melawan pesaing berat yakni Thailand yang pada pertandingan pertama menang 1-0 dari Filipina.

Di klasemen Grup A sementara ini, Myanmar dan Thailand berada di posisi pertama dan kedua dengan koleksi tiga poin. Vietnam dan Indonesia di posisi ketiga dan keempat denga satu poin.

Dari sisi pemain, bek Muhammad Ferrari yang mengalami cedera kondisinya masih belum bisa dipastikan. Jika tak bisa diturunkan, Shin Tae-yong bakal memainkan Marcell Januar Putra sebagai starter.

Ferrari sebelumnya mengalami cedera pada laga melawan Vietnam ketika pertandingan berjalan di babak kedua. Saat itu ia ditarik keluar dan Marcell menggantikannya. (OL-8)

BERITA TERKAIT