30 June 2022, 16:33 WIB

Persib Hindari Adu Penalti


Akmal Fauzi |

PERSIB Bandung mengincar kemenangan melawan PSS Sleman di perempat final Piala Presiden 2022, Jumat (1/7). Bermain di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Persib ingin memenangkan pertandingan dalam waktu normal 90 menit.

Pelatih Persib Bandung Robert Alberts menyadari kekuatan PSS cukup baik. Di Piala Presiden, permainan PSS terus berkembang hingga lolos ke perempat final sebagai runner-up Grup A. Robert juga menilai PSS memiliki pemain yang berkualitas.

"Kami harus memastikan besok laga tidak harus diakhiri melalui adu penalti. Kami berusaha menuntaskan laga dalam 90 menit dan melihat ke depan untuk melaju ke semifinal," kata Robert dalam konferensi pers jelang laga, Kamis (30/6).

"Mereka juga menunjukan pemain asingnya memiliki permainan yang bagus. Tentunya mereka juga punya target yang sama yaitu lolos ke semifinal," imbuhnya.

Perempat final Piala Presiden digelar dengan format satu pertandingan atau single match dan tidak ada babak perpanjangan waktu. Jika skor dalam 90 menit waktu normal masih imbang, pertandingan akan langsung dilanjut adu penalti.

Meski diuntungkan bermain sebagai tuan rumah, Persib tetap tidak dapat dukungan langsung dari suporter sebagai imbas dari insiden meninggalnya dua pendukung mereka beberapa waktu lalu. Padahal tim ingin bisa bermain dengan dukungan suporter agar termotivasi untuk menang.

"Ini tentunya menyedihkan karena pemain pemain kami ingin bermain di hadapan suporter yang fantastis," ucap Robert.

Baca juga: Piala Presiden: Persib Tanpa Davil Silva dan Kuipers di Perempat Final

Tim berjuluk Maung Bandung itu dipastikan tidak dalam skuad terbaiknya di laga melawan PSS. Pemain depan Ciro Alves sedang berkutat dengan cedera patah bahu kiri. Lalu, yang terbaru, David da Silva dan Nick Kuipers juga mengalami cedera.

Sebenarnya Persib masih memiliki satu pemain asing lain yaitu Daisuke Sato. Rencananya, pemain tim nasional Filipina itu datang ke Indonesia, Kamis (30/6). Namun Robert Rene belum dapat memastikan Sato masuk dalam rencana permainannya.

Namun, Persib mendapat amunisi baru dengan bergabunbnua tiga pemain tim nasional Indonesia itu yakni Marc Klok, Rachmat Irianto, dan Ricky Kambuaya. Mereka sudah mulai bergabung dan berlatih bersama skuad Maung Bandung.

Hal yang sama juga dialami Super Elang Jawa –julukan PSS– yang berangkat ke Bandung tanpa diperkuat beberapa pemain pilar. Todd Ferre dan Dave Mustaine tidak dibawa karena terkena akumulasi kartu kuning. Mario Maslac, Derry Rachman, dan Fandi Eko Utomo juga tidak kami bawa karena cedera.

Pelatih PSS Seto Nurdiantoro hanya membawa 21 pemain salah satunya striker anyar mereka Mychell Chagas. Namun Seto belum bisa memamastikan apakah Mychell bisa dimainkan dalam laga besok atau tidak.

"Jadi kita bawa (Mychell) untuk adaptasi dan menemukan chemistry dengan tim. Kalau tentang besok bermain atau tidak belum tahu. Kalau bisa pun dia tidak mungkin bermain 90 menit, kita lihat situasinya," kata Seto.

Seto menyebut laga melawan Persib menjadi ajang mempertajam timnya menjelang kompetisi liga musim selanjutnya.Persib Bandung merupakan salah satu tim yang masuk lima besar klasemen pada liga musim lalu.

"Kami bisa belajar dengan Persib, mudah-mudahan bisa membuat kami lebih baik di ajang kompetisi," kata Seto.

Seto mengakui persiapan tim sangat singkat. Apalagi PSS terakhir bermain di laga terakhir babak penyisihan pada Senin (27/5). Untuk itu ia hanya fokus pada kebugaran pemain.

"Tim kami baru datang semalam (Rabu (29/6) malam), jadi memang tidak ada waktu untuk mempersiapkan diri yang pasti kami hanya mencoba untuk menjaga kebugaran pemain," tukasnya.

"Apapun hasilnya nanti kami akan nikmati, karena ini ajang pramusim untuk mengevaluasi kami secara mandiri, dari manajemen tidak membebankan, tapi keinginan untuk lolos pasti ada," pungkasnya.(OL-5)

BERITA TERKAIT