29 June 2022, 11:15 WIB

Monaco Resmi Datangkan Minamino dari Liverpool


Akmal Fauzi |

KLUB Ligue 1 AS Monaco resmi mendapatkan penyerang sayap Takumi Minamino dari Liverpool dengan biaya transfer mencapai 15,4 juta poud sterling atau sekitar Rp278 miliar pada bursa transfer pemain musim panas ini.

Dikutip dari Sky Sports, Rabu (29/6), AS Monaco mengeluarkan 12,9 juta pound sterling (sekitar Rp233 miliar) untuk biaya awal dan 2,5 juta pound sterling (sekitar Rp45 miliar) untuk tambahan.

"Saya sangat senang menjadi bagian dari proyek yang sangat menarik ini, di klub dengan tradisi hebat dan salah satu yang paling dikenal di Ligue 1. Saya tidak sabar menemukan lingkungan baru saya dan melakukan semua yang saya bisa untuk membantu tim," ungkap Minamino.

Baca juga: Minamino Dilaporkan Merapat ke Monaco

Direktur Olahraga AS Monaco Paul Mitchell mengatakan pihaknya sangat puas dapat mendatangkan Minamino dan menyambut pemain asal Jepang itu ke klubnya.

Mitchell menjelaskan Minamino merupakan pemain yang telah mereka ketahui sejak pertama kali datang di Eropa dan pemain berusia 27 tahun itu telah mendapatkan pengalaman di level tertinggi, terutama di kompetisi Eropa serta meraih beberapa gelar.

"Dengan budaya kemenangannya, kemampuannya untuk bermain di berbagai posisi di lapangan dan statusnya sebagai pemain kunci dengan tim nasionalnya, kami yakin Takumi akan berkontribusi pada pengembangan tim muda kami dan membantu grup untuk mencapai tujuan kami. Kami senang dia telah memutuskan untuk menjadi bagian dari proyek kami dan menyambutnya," jelas Mitchell.

Minamino didatangkan oleh Liverpool dari RB Salzburg pada Januari 2020 lalu dan masih memiliki kontrak di Anfield hingga Juni 2024 mendatang.

Selama membela Liverpool, pemain berusia 27 tahun tersebut telah mencatatkan 53 penampilan dan menyumbangkan 14 gol serta tiga assist di berbagai ajang dengan total 2.131 menit bermain.

Pada musim lalu, Minamino tercatat tampil di 24 pertandingan Liverpool pada berbagai ajang dan sukses menyumbangkan 10 gol serta satu assist dari 1.008 menit bermain.

"Saya yakin akan ada orang yang berpikir itu tidak berhasil. Saya tidak terima jika ada yang menganggap ini salah," kata manajer Liverpool Jurgen Klopp mengomentari sosok Minamino yang menjadi bagian skuadnya.

"Kontribusinya jauh melebihi peluang yang bisa kami berikan, dalam hal pertandingan awal. Dia membuat kami lebih baik setiap hari dia bersama kami, tidak hanya dalam permainan yang dia mainkan tetapi setiap sesi dalam pelatihan," lanjut Klopp. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT