27 June 2022, 15:38 WIB

Borneo tidak Beri Celah Rans Nusantara Lolos Perempat Final


Akmal Fauzi |

BORNEO FC tidak akan memberi celah ke Rans Nusantara FC untuk memenangkan laga terakhir fase Grup B Piala Presiden 2022 yang akan digelar, Selasa (28/6), di Stadion Segeri, Samarinda. Meski sudah dipastikan lolos ke perempat final, tim berjuluk Pesut Etam itu ingin menjadi juara grup dengan memenangkam pertandingan.

Borneo FC sudah dipastikan mengantongi tiket perempat final Piala Presiden 2022. Dengan perolehan tujuh poin dari tiga pertandingan, Borneo ada di puncak klasemen Grup B.

Jika skuad asuhan Milomir Seslija kalah dari Rans, mereka tetap akan lolos sebagai runner-up. Namun, Stefano Lilipaly dan kawan-kawan ingin meneruskan tren sebagai tim yang tak terkalahkan di Grup B.

"Kami tidak akan mengendur walau sudah lolos. Ini pertaruhan gengsi dan harga diri untuk bisa terus eksis selama pramusim," kata Milo dalam konferensi pers jelang laga, Senin (27/6).

Milo mengatakan Rans merupakan tim dengan kualitas pemain yang baik. Mereka tentunya akan tampil ngotot untuk memenangkan laga agar bisa lolos ke perempat final.

"Kami tahu Rans adalah tim bagus. Mereka akan berusaha menuju delapan besar dan kami akan memikirkan apa yang akan mereka mainkan besok," ujarnya.

"Kemungkinan mereka akan total menyerang kami. Tetapi kami yakin akan tetap fokus supaya mempertahankan posisi kami di peringkat pertama," lanjutnya.

Baca juga:  Jelang Laga vs Borneo, Persija Siapkan Skuad Utama

Rans saat ini berada di urutan ketiga klasemen dengan raihan lima poin dari tiga pertandingan. Mereka tertinggal satu angka dari Barito Putera yang ada di peringkat kedua. Namun Barito sudah memainkan empat pertandingan.

Rans setidaknya butuh tambahan satu poin untuk memastikan tiket perempat final. Jika skenario ini terjadi, tim berjuluk The Phoenix itu akan naik menggeser Barito. Meski punya total poin sama, Rans unggul selisih gol atas pesaing terdekatnya tersebut.

Di bagian lain, Rans baru saja mengikuti laga eksibis yang melibatkan mantan pemain timnas Brasil, Ronaldinho di Malang, Jawa Timur, Minggu (26/6) malam. Pelatih Rahmad Darmawan tentunya harus bisa mengatur menit bermain anak asuhnya yang memiliki jadwal padat.

Setelah beberapa jam laga eksibisi itu, para pemain Rans harus terbang kembali ke Samarinda untuk memainkan laga penentu.

Dua tim yang sudah dipastikan tidak lolos yaitu Persija Jakarta dan Madura United akan bertemu di laga terakhir, Selasa (28/6). Ini akan jadi laga hiburan penutup pramusim sekaligus menjadi ajang evaluasi tim sebelum Liga 1 digelar. Kedua tim dari Grup B itu sudah dipastikan tidak lolos perempat final.

Persija belum mengumpulkan satu poin pun dari tiga laga yang dijalani usai menelan tiga kekalahan beruntun di Grup B. Sementara Madura United baru mengumpulkan dua poin dari tiga laga usai bermain imbang dua kali dan sekali menelan kekalahan.

Pelatih Persija Thomas Doll berdalih anak asuhnya belum siap untuk menjalani jadwal pra musim Piala Presiden 2022 yang ketat dan ternyata berlangsung sengit. Sejak awal Persija memang tidak memasang target juara di ajang pra musim itu.

"Kami sedang fokus melakukan persiapan Liga 1, namun harus menghadapi Piala Presiden dengan jadwal yang padat. Jika tim sudah lengkap, Persija akan berbeda sangat jauh saat kami kembali bertandang di sini," kata Thomas Doll.

Sementara itu, Madura United memang gagal menembus perempat final. Akan tetapi, mereka mempunyai peluang untuk meraih kemenangan perdana di Piala Presiden 2022.

"Dengan persiapan yang minim, namun kami siap hadapi Persija Jakarta. Semoga dalam laga ini kami dapat memaksimalkan kesempatan," kata pemain Madura United, Zulfiandi.(OL-5)

BERITA TERKAIT