23 June 2022, 17:05 WIB

Jaga Peluang Lolos Fase Grup, Pemain Persis Solo Diminta Konsisten


Akmal Fauzi |

PEMAIN Persis Solo diminta untuk konsisten dalam pertandingan melawan Dewa United, Jum'at (23/6) demi menjaga peluang lolos ke perempat final Piala Presiden 2022. Tim berjuluk Laskar Sambernyawa belum meraih kemenangan dari dua laga yang sudah dimainkan.

Bermain dengan dukungan suporter di Stadion Manahan, Solo, Persis wajib meraih tiga poin melawan Dewa United. Skuad asuhan Jacksen F Tiago itu baru mengoleksi satu poin dan berada di dasar klasemen. Di laga pertama, Persis bermain imbang lawan PSS Sleman dan takluk 1-2 dari PSIS.

Jacksen F. Tiago menyadari bahwa anak asuhnya bermain jauh dari harapan dari dua laga. Pelatih asal Brasil itu menilai pemain tidak konsisten dalam bermain. Saat kalah dari PSIS, pemain cenderung emosional dan mudah kehilangan bola.

"Setelah ada beberapa perubahan, kita mampu mengimbangi permainan lawan. Tapi sangat disayangkan kita tidak dapat menjaga konsistensi sehingga penampilan hari ini sangat jauh dari apa yang saya harapkan,” kata Jacksen dilansir laman resmi klub.

Evaluasi tentunya sudah dilakukan. Persis harus memenangkan laga melawan Dewa United dan Persita dua hari setelahnya. Peluang untuk lolos juga masih harus ditentukan dari hasil tim lainnya yang berada di Grup A. PSIS Semarang saat ini berada di puncak klasemen Grup A dengan tujuh poin disusul PSS Sleman dengan empat poin.

Baca juga : Pogba Segera Rampungkan Kepindahannya ke Juventus

Persis akan kehilangan para pemain yang dipanggil Shin Tae-yong untuk menjalani TC Timnas U19 jelang Piala AFF U19. Mereka adalah Zanadin Fariz, Marcell Januar, Erlangga Setyo, Dimas Maulana, dan Althaf Indie.

Sedangkan Dewa United tak mengalami banyak masalah terkait kesiapan pemain. Meski, akan ada rotasi di laga nanti. Skuad asuhan Nil Maizar ini juga mengalami hasil buruk usai dikalahkan Persita 1-2 di laga sebelumnya. Mereka juga belum meraih kemenangan setelah di laga perdana hanya bermain imbang 2-2 melawan PSIS.

Nil Maizar mengatakan, penyelesaian akhir menjadi evaluasi dari dua laga sebelumnya untuk menghadapi Persis. Setelah melawan Persis, Dewa United juga harus meraih kemenangan melawan PSS untuk menjaga peluang lolos ke perempat final. 

"Pasti itu (penyelesaian akhir) juga akan kami perbaiki untuk pertandingan ketiga dan keempat selain juga pertahanan," ujar Nil Maizar.

"Tentunya melawan Persis dan PSS kita ingin hasil terbaik. Tidak mungkin kami ingin kalah. Kami akan lakukan yang terbaik untuk meraih kemenangan," kata eks pelatih Semen Padang itu. (OL-7)

BERITA TERKAIT