23 June 2022, 11:00 WIB

Jim Croque dan Kai Boham Terkesan dengan Shin Tae Yong


Basuki Eka Purnama |

PESEPAK bola Belanda keturunan Indonesia Jim Croque dan Kai Boham terkesan dengan gaya pelatihan juru taktik timnas Indonesia Shin Tae Yong.

Menurut dua pemain U-19 itu, Shin memberikan warna latihan yang tidak lazim ditemukan di Belanda, tempat mereka meniti karier.

"Di Belanda, kami biasa berlatih dengan sistem set, sementara di Indonesia (bersama Shin Tae Yong), pemain dituntut berlatih sampai kemampuan maksimal," ujar Croque di Stadion Madya Gelora Bung Karno, Jakarta, dikutip Kamis (23/6).

Baca juga: Shin Tae-yong Yakin Timnas U-19 Terus Berkembang

Menurut penyerang tim U-18 Vitesse itu, Shin adalah pelatih bagus yang mampu memotivasi para pemainnya.

Juru taktik asal Korea Selatan (Korsel) itu dinilainya bisa membuat pemain mengeluarkan kemampuan terbaik.

"Saya menghormatinya. Dia selalu memastikan semua pemain melakukan hal yang benar dan mendorong kami untuk melampaui batas, melakukan yang terbaik dalam latihan," tutur Croque.

Sementara, menurut Boham, Shin bukan hanya pelatih kelas wahid, tetapi juga mampu merangkul para pemain, khususnya sosok baru seperti dirinya.

"Dia membuat saya merasa disambut di tim ini," kata pria berusia 18 tahun yang bermain untuk tim U-21 Almere City tersebut.

Croque, Boham, dan satu pemain Belanda keturunan Indonesia lain, Max Christoffel, tengah menjalani pemusatan latihan (TC) bersama timnas U-19, dalam persiapan menuju Piala AFF U-19 2022, sejak Senin (20/6).

Meski begitu, karena belum berstatus WNI, ketiganya dipastikan tidak berlaga di Piala AFF U-19 2022 yang berlangsung pada 2-15 Juli 2022. Namun, mereka diproyeksikan PSSI untuk memperkuat Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

TC tersebut menjadi momen perdana bagi Croque, Boham, dan Christoffel merasakan latihan bersama Shin.

Sebelumnya, saat timnas U-19 Indonesia berada di Prancis dalam rangkaian Turnamen Toulon, mereka sempat berlatih bersama dengan skuat Garuda Nusantara. Namun, ketika itu, timnas U-19 Indonesia ditangani oleh asisten Shin, Dzenan Radoncic, karena Shin fokus menangani timnas senior Indonesia di Kualifikasi Piala Asia 2023. (Ant/OL-1)

BERITA TERKAIT