22 June 2022, 06:00 WIB

Lyon Resmi Diambil Alih Pengusaha AS


Basuki Eka Purnama |

PRESIDEN Lyon Jean-Michel Aulas, Selasa (21/6), mengungkapkan telah mencapai kesepakatan dengan pengusaha Amerika Serikat (AS) John Textor terkait pengambilalihan klub Ligue 1 itu.

Eagle Football Holdings, perusahaan investasi olahraga yang dikendalikan oleh Textor, yang merupakan pemegang saham mayoritas klub Liga Primer Inggris Southampton, selangkah lagi akan menjadi pemilik saham mayoritas Lyon.

"Kami sepakat, kami berjabat tangan lewat sambungan video dan pada pukul 03.00 semuanya telah ditandatangani," ujar Aulas sembari menambahkan dewan direksi Lyon menyetujui pengambilalihan itu.

Baca juga: Teken Kontrak hingga 2025, Lacazette Resmi Pulang ke Lyon

Dalam kesepakatan itu, Textor akan membeli saham milik Pathe dan IDG Capital, yang menguasai 19,36% dan 19,85% saham Lyon, dan akan secara bertahap membeli saham Holnest, perusahaan milik keluarga Aulas, yang menguasai 27,72% saham Lyon.

Aulas mengatakan dirinya akan tetap menjadi presiden klub Ligue 1 itu setidaknya selama tiga tahun ke depan.

"OL telah melebarkan sayap hingga ke luar Prancis. Mereka adalah merek yang dikenal di manapun. Mereka adalah klub terbesar ke-20 di dunia dan saya tidak berencana melakukan perubahan besar-besara," tegas Textor.

"Saya percaya degan mimpi, Jean-Michel dan saya ingin Lyon memenangkan gelar baik domestik maupun Eropa," lanjutnya.

Lyon gagal meraih tiket ke kompetisi Eropa untuk kedua kalinya di tiga musim terakhir setelah mengakhiri musim 2021-22 di peringkat delapan klasemen akhir Ligue 1. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT