15 June 2022, 05:49 WIB

Pesta Gol ke Gawang Nepal, Indonesia Lolos ke Piala Asia 2023


Rizki Yanuardi |

HUJAN gol mewarnai kemenangan Indonesia atas Nepal di matchday ke-3 Grup A Kualifikasi Piala Asia 2023 di Jaber Al Ahmad International Stadium, Kuwait City, Rabu (15/6) dini hari WIB. 

Skuat Garuda menang telak 7-0. Gol Indonesia dicetak Dimas Drajad, Witan Sulaeman (2 gol), Fachrudin, Saddil Ramdhani, Elkan Balgott, dan Marcelino.

Anak asuh Shin Tae Yong memang bertekad lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner up terbaik. Indonesia menjadi runner-up di belakang Yordania yang meraih 9 poin hasil 3 kali menang.

Baca juga: Kuwait Kalah, Peluang Indonesia ke Putaran Final Piala Asia 2023 Terbuka Lebar

Sebelum laga melawan Nepal, skuat Garuda menempati posisi kedua dengan poin 3, hasil sekali menang sekali kalah. Kemenangan akan membuat Indonesia memiliki poin 6 dan berpeluang lolos sebagai runner up terbaik.

Sedangkan Nepal sudah pasti tersingkir, karena sudah mengalami dua kali kekalahan sebelumnya atas Kuwait dan Yordania.

Sejak kick off, skuat Garuda langsung menggebrak pertahanan Nepal. Belum semenit, Indonesia mengancam lewat aksi Dimas Drajad, yang masih bisa diblok kiper Nepal Deep Karki.

Menit ke 6, akhirnya Dimas Drajad benar-benar mencetak gol usai sundulannya mengoyak gawang Nepal. Berawal dari umpan Asnawi di sisi kiri pertahanan Nepal yang disambar sundulan kepala Dimas Drajad.

Meski Skuat Garuda lebih banyak menekan dan banyak mendapat peluang, tidak ada gol tambahan yang dicetak Witan Sulaeman dan kawan-kawan hingga laga berjalan 30 menit.

Nepal kemudian harus kehilangan seorang pemainnya Sumar Aryal sejak menit ke-32 karena dikartu merah wasit usai menerima kartu kuning kedua akibat melanggar Asnawi. Kartu kuning pertama didapat Aryal usai melanggar Nadeo.

Sejak berturut-turut peluang Indonesia gagal lewat Ricky Kambuaya, Elkan Balgott, dan Pratama Arhan, akhirnya Witan Sulaeman membawa skuat Garuda unggul 2-0 pada menit 43. Lagi-lagi umpan Asnawi di kotak penalti sukses dieksekusi Witan menjadi gol.

Kerja sama Witan dan Dimas Drajad nyaris membawa skuat Garuda unggul tiga gol. Namun hingga jeda skor tetap 2-0.
 
Babak kedua, Timnas Garuda yang unggul jumlah pemain terus menekan pertahanan Nepal. Meski sempat dua kali menggagalkan upaya M Rafly dan Witan, Deep Karki harus menerima nasib gawangnya kembali bobol,

Pada menit 53, Fachrudin yang mencatatkan namanya di papan skor. Gol ketiga skuat Garuda itu berawal dari skema sepak pojok. Bola yang tidak bersih dihalau kiper Deep Karki justru mengarah ke Fachrudin yang bebas mencocor bola.

Semenit kemudian, giliran Saddil Ramdhani sukses men-cop bola melewati Deep Karki. Timnas Indonesia unggul jauh 4-0.

Upaya pemain Indonesia masih gagal untuk menambah hujan gol Indonesia ke gawang Nepal. Unggul jumlah pemain membuat skuat Garuda leluasa bermain. Praktis Nepal banyak menumpuk pemain di garis pertahanan sendiri.

Sempat terjadi insiden usai pemain Nepal menerjang Asnawi pada menit 71. Wasit harus memberikan kartu kuning kepada Saddil Ramdhani dan kapten Nepal.

Keran gol skuat Garuda kembali terjadi sejak insiden tersebut, Menit 79, Elkan Balgott sukses mencatatkan namanya di papan skor usai mencetak gol kelima lewat sepakan kerasnya dari luar kotak penalti.

Terkejut atas gol Indonesia, Nepal kembali harus kebobolan oleh Witan Sulaeman semenit kemudian. Skor menjadi 6-0 untuk skuat Garuda, yang sudah dipastikan lolos ke putaran final Piala Asia 2023 sebagai runner up terbaik.

Di pengujung laga, Marcelino sukses membawa skuat Garuda unggul 7-0. Umpan M Rafly sukses dieksekusinya pada menit 89.

Witan Sulaeman nyaris mencetak gol ketiga alias hattrick, sebelum aksi gemilang Deep Karki menggagalkannya. Skor 7-0 bertahan hingga usai sekaligus memastikan Indonesia lolos ke putaran final Piala Asia 2023. (OL-1)

BERITA TERKAIT