15 June 2022, 05:06 WIB

Inggris Dipermalukan di Kandang Sendiri oleh Hongaria


Basuki Eka Purnama |

INGGRIS terancam terdegradasi dari Liga A Liga Negara UEFA setelah mereka kalah telak 4-0 dari Hongaria, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Kekalahan di Stadion Molineux itu merupakan kekalahan kandang terparah Inggris sejak 1928.

Hongaria, yang membukukan kemenangan pertama atas Inggris dalam tempo 60 tahun di Budapest, 10 hari lalu, melanjutkan hal itu dengan meraih kemenangan pertama di kandang Inggris sejak menang 6-3 di Stadion Wembley pada 1953.

Baca juga: Jerman Samai Rekor Kemenangan Terbesar Mereka Atas Italia

Dua gol yang dicetak Roland Sallai dan gol larut dari Adam Nagy dan Daniel Gazdag membuka peluang Hongaria untuk lolos ke final Liga Negara UEFA, tahun depan.

Tim besutan Marco Rossi gagal lolos ke Piala Dunia 2022 namun memuncaki klasemen Grup A3 dengan keunggulan satu poin atas Jerman dan dua poin atas Italia saat kompetisi menyisakan dua laga lagi.

Adapun Inggris berada di dasar klasemen, tertinggal tiga poin dari Italia, dan butuh meraih kemenangan saat bertandang ke Italia dan menjamu Jerman, September mendatang, agar terhindar dari degradasi.

Namun, yang menjadi PR besar bagi Gareth Southgate adalah penampilan anak-anak asuhannya saat Piala Dunia 2022 tinggal menyisakan lima bulan lagi.

Southgate menjadi sasaran cemoohan pendukung Inggris dalam laga di markas klub Liga Primer Inggris Wolverhampton Wanderers itu meski dia berhasil mengantarkan Inggris ke final pertama mereka dalam tempo 55 tahun di Piala Eropa 2020 dan semifinal Piala Dunia 2018.

Pelatih timnas Inggris itu mengandalkan duet Harry Kane dan Raheem Sterling di lini depan namun kembali the Three Lions ompong.

Inggris baru berhasil mencetak satu gol di empat laga Liga Negara UEFA itu pun dari titik penalti ketika Kane menjebol gawang Jerman, pekan lalu.

Kembalinya pendukung untuk laga melawan Hongaria setelah laga antara Inggris dan Italia digelar tanpa penonton tidak membantu timnas Inggris.

Kelelahan setelah musim kompetisi yang panjang dituding sebagai penyebab bututnya penampilan Inggris.

Namun, Southagte dipastikan harus menutup lubang di lini pertahanan Inggris sebelum bergulirnya Piala Dunia 2022.

John Stones melengkapi derita Inggris dengan diusir wasit setelah menerima kartu kuning kedua, delapan menit sebelum laga usai.

Bek Manchester City itu juga bertanggung jawab atas gol pembuka Hongaria ketika dia mengubah arah bola dari tendangan bebas ke arah Sallai yang dengan mudah menjebol gawang Aaron Ramsdale.

Sallai kemudian menggandakan keunggulan Hongaris, 20 menit sebelum laga usai ketika dia menerima umpan matang Martin Adam.

Nagy kemudian membuat kedudukan menjadi 3-0 pada menit 80 sebelum Gazdag memastikan Hongaria menang 4-0 pada menit 89. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT