15 June 2022, 04:42 WIB

Jerman Samai Rekor Kemenangan Terbesar Mereka Atas Italia


Basuki Eka Purnama |

JERMAN menyamai rekor kemenangan terbesar mereka atas Italia saat Timo Werner mencetak dua gol dalam laga yang berakhir 5-2 di laga Liga Negara UEFA, Rabu (15/6) dini hari WIB.

Hasil laga di Moenchengladbach itu menyamai rekor kemenangan terbesar Jerman atas Italia, 5-2, yang dicetak pada 1939 di Stadion Olimpiade Belrin.

Gol cepat Joshua Kimmich dan eksekusi penalti Ilkay Gundogan di Borussia Park membuat tim tuan rumah unggul 2-0 sebelum kedua tim berpesta gol di babak kedua.

Baca juga: Wind Pimpin Denmark Tekuk Austria

Thomas Mueller mencetak golnya yang ke-44 untuk timnas Jerman di penampilannya yang ke-116 sebelum Werner mencetak dua gol secara beruntun.

Italia kemudian berhasil membalas lewat aksi Wilfried Gnonto dan Alessandro Bastoni.

Hasil itu membuat Jerman naik ke peringkat kedua klasemen Grup A3 Liga Negara UEFA sementara Italia, yang sebelumnya memuncaki klasemen, turun ke posisi ketiga.

Adapun puncak klasemen ditempati Hongaria yang secara mengejutkan menang telak 4-0 atas Inggris di Wolverhampton.

Di pertemuan sebelumnya, Jerman dan Italia bermain imbang 1-1 dalam laga di Bologna, Juni lalu. Namun, penampilan Jerman terus membaik.

Adapun Roberto Mancini membayar mahal keputusannya melakukan sembilan perubahan pada tim yang bermain imbang dengan Inggris, akhir pekan lalu dengan hanya mempertahankan Gianluigi Donnarumma dan David Frattesi.

Sementara pelatih Jerman Hansi Flick melakukan lima perubahan pada tim yang bermain imbang dengan Hongaria di Budapest, Sabtu lalu, dan Gundongan sukses memanfaatkan kesempatan saat dimainkan.

Gelandang Manchester City itu mendomasi lapangan tengah dan kerap menyulitkan pertahanan Italia dengan pergerakannya.

Jerman membuka keunggulan pada menit ke-10 setelah kerja sama apik Werner dan David Raum berhasil dituntaskan oleh kimmich.

Italia kembali kebobolan sebelum jeda setelah Bastoni menjatuhkan Jonas Hoffman di kotak terlarang dan Gundogan sukses menjadi eksekutor penalti.

Mueller kemudian mencetak gol ketiga Jerman memanfaatkan kesalahan lini belakang Ialia.

Werner kemudian mencetak dua gol dalam waktu satu menit, keduanya memanfaatkan assist dan Serge Gnabry.

Kiper Jerman Manuel Neuer, yang tampil apik sepanjang pertandingan akhirnya kebobolan oleh aksi Gnonto dan kemudian Bastoni. (AFP/OL-1)

BERITA TERKAIT