12 June 2022, 13:15 WIB

Southgate Akui Lini Depan Inggris Tumpul


Akmal Fauzi |

TREN tanpa kemenangan timnas Inggris berlanjut usai bermain imbang tanpa gol melawan Italia di laga ketiga Liga Negara UEFA, Minggu (12/6) dini hari WIB. Ini adalah untuk pertama kalinya Three Lions--julukan timnas Inggris-- gagal menang dalam tiga pertandingan sejak empat tahun terakhir.

Inggris sebelumnya kalah dari Hongaria 0-1 dan bermain imbang melawan Jerman 1-1. 

Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate menilai pemainnya kurang tajam di lini depan. Dari tiga laga itu, timnas Inggris baru mencetak satu gol, dan itu pun dari penalti yang disumbang Harry Kane.

Baca juga: Imbang, Inggris Gagal Revans Atas Italia

"Ada hal-hal yang kami lakukan dengan sangat baik di Jerman dan hal-hal yang perlu kami tingkatkan. Kami meningkat aspek memecahkan tekanan di lini tengah mereka," kata Southgate.

"Kami memiliki dua atau tiga peluang bagus yang kami butuhkan untuk mencetak gol, dan kami hanya kurang tajam di sepertiga akhir lapangan," lanjutnya.

Southgate sudah mencoba mengurangi ketergantungan timnya terhadap sosok Harry Kane di laga melawan Italia dengan menurunkan Tammy Abraham sebagai starter. 

Southgate tentu menganggap Abraham punya pengalaman lebih saat berhadapan dengan para pemain Italia karena dirinya kini tampil di Serie A bersama AS Roma. 

Namun, Abraham gagal memanfaatkan kesempatan ini dengan maksimal. Southgate terpaksa menariknya keluar pada menit ke-65 untuk memberi tempat kepada Kane.

"Saya telah mengatakan di minggu lalu bahwa kami terlalu bergantung pada Harry (Kane) dan Raheem (Sterling) untuk tujuan kami. Pemain lain harus masuk, beberapa dari mereka melakukannya dengan baik untuk klub mereka, tetapi di level internasional saat ini mereka belum berhasil mengubahnya," jelas Southgate.

Dengan hasil ini, Inggris masih tertahan di peringkat empat atau dasar klasemen dengan 2 poin. Di sisi lain, Italia menempati puncak klasemen grup dengan 5 poin. Sementara Hongaria yang bermain imbang melawan Jerman ada di posisi kedua dengan empat poin di susul Jerman di urutan ketiga. (Eurosport/OL-1)

BERITA TERKAIT