09 June 2022, 18:50 WIB

Piala AFF U-19, Indonesia Masuk Grup Neraka


Widhoroso |

TIMNAS Indonesia U-19 menempati grup maut dalam Piala AFF U-19 2022. Ajang tersebut bakal dilangsungkan di Tanah Air pada 2 hingga 15 Juli mendatang.

Berdasarkan hasil undian, Timnas Indonesia U-19 berada di Grup A. Do Grup ini juga bercokol tim-tim kuat seperti Vietnam, Thailand, serta Myanmar. Brunei Darussalam dan Filipina juga masuk dalam Grup A.

Sedangkan di Grup B jumlah pesertanya lebih sedikit yaitu dihuni lima negara. Adapun yang menempati grup tersebut adalah Malaysia, Laos, Timor Leste, Kamboja, dan Singapura.

Piala AFF U-19 menjadi ajang persiapan timnas Indonesia U-19 menuju Piala Dunia U-20. Kejuaraan sepakbola paling bergengsi untuk kelompok umur tersebut akan dilangsungkan di Tanah Air tahun depan.

Saat ini timnas Indonesia U-19 sedang berada di Prancis. Di sana,  Pasukan Merah Putih berpartisipasi dalam Turnamen Toulon 2022.

Dalam Turnamen Toulon, timnas Indonesia U-19 finis di peringkat kesepuluh. Ronaldo Kwateh dan kawan-kawan dikalahkan Aljazair U-23 pada perebutan peringkat kesembilan lewat adu penalti setelah skor imbang 1-1 bertahan hingga 90 menit di Stade Fernand Fournier, Rabu (8/6) malam WIB.

Sebelumnya, timnas Indonesia U-19 yang berada di Grup B bersama Venezuela U-23, Ghana U-20, dan Meksiko U-23 gagal melaju ke semi-final. Pasukan Dzenan Radoncic tersebut meraih tiga poin dari tiga laga yang dimainkan.

Kendati demikian, perolehan poin timnas Indonesia U-19 pada Turnamen Toulon tahun ini lebih baik dibanding edisi 2017. Ketika itu, tim yang dilatih Indra Sjafri tersebut pulang tanpa menghasilkan angka. (Goal/OL-15)

BERITA TERKAIT