08 June 2022, 15:08 WIB

Era Baru Gli Azzurri Mulai Bersinar


Akmal Fauzi |

WAJAH baru tim nasional Italia mulai bersinar dengan mengalahkan Hongaria 2-1 di UEFA Nations League, Rabu (8/6) dini hari WIB. Hasil itu membawa Italia tak terkalahkan dalam dua laga dan berada di puncak klasmen sementara Grup A3.

Dua gol dari Nicolo Barella dan Lorenzo Pellegrini tercipta di babak pertama. Sementara Hongaria mendapatkan skor dari gol bunuh diri Gianluca Mancini pada menit ke-61. Pelatih Timnas Italia Roberto Mancini memilih sejumlah pemain yang memainkan peran kecil atau tidak sama sekali saat menjuarai Piala Eropa 2020.

Nicolo Barella yang mencetak gol pertama pada menit ke-30 di laga itu menjadi salah satu di antaranya. Sementara pencetak gol kedua, Lorenzo Pellegrini bahkan tidak masuk skuad Gli Azzurri di Piala Eropa 2020.

"Itu adalah penampilan yang bagus, terutama di babak pertama. Gol (bunuh diri) membuat kami sedikit takut, tetapi itu adalah pertandingan yang seharusnya kami menangkan dengan selisih yang lebih besar,” kata Mancini.

"Ini adalah tim yang penuh dengan pemain muda yang perlu banyak bekerja, jalan kami masih panjang," lanjutnya.

Baca juga: Kalahkan Hongaria, Italia belum Terkkalahkan di Liga Negara UEFA

Sebelum pertandingan itu, Italia hanya memenangkan tiga dari 11 pertandingan yang dimainkan sejak dinobatkan sebagai raja Eropa di Wembley pada Juli tahun lalu. Italia kalah 0-3 dari Argentina di Finalissima 2022 dan kemudian bermain imbang lawan Jerman 1-1 dalam laga perdana Grup A3 UEFA Nations League 2022-2023.

Kemenangan melawan Hongaria setidaknya menumbuhkan kepercayaan diri untuk penggemar setelah menerima pil pahit tidak lolos ke Piala Dunia Qatar 2022. Italia selanjutnya akan bertandang ke Wolverhampton untuk menghadapi Inggris pada Minggu (12/6) sebelum menghadapi Jerman di Moenchengladbach tiga hari kemudian.

Sejak awal Mancini memang ingin merubah wajah baru Gli Azzurri demi masa depan sepak bola Italia di level internasional. Selain Giorgio Chiellini yang memutuskan pensiun, beberapa pemain yang bersinar di Piala Eropa diistirahatkan. Mancini memulangkan Jorginho, Federico Bernardeschi, Emerson Palmieri, Marco Verratti, serta Lorenzo Insigne

Saat melawan Jerman, Italia bersaing dengan menurunkan pemain mudanya meskipun mendapatkan hasil imbang. Konsistensi Mancini kemudian dibuktikan dengan kemenangan melawan Hongaria.

"Kami bisa maju dengan percaya diri, karena kami memainkan dua pertandingan bagus melawan tim sulit di Jerman dan Hongaria," jelas Mancini.(AFP/OL-5)

BERITA TERKAIT